Ini Nih, Simak Tips Menahan Rasa Haus ketika Berpuasa

Bagi sebagian besar masyarakat, menahan rasa haus dianggap jauh lebih sulit daripada menahan lapar ketika sedang menjalankan ibadah puasa. Terlebih lagi, cuaca di Indonesia yang kerap terasa panas semakin membuat rasa haus menjadi lebih parah.

Agar ibadah puasa bisa berjalan dengan lancar, ternyata ada sejumlah tips yang bisa kamu coba agar gejolak rasa haus bisa sedikit teratasi. Berikut tiga tips yang bisa kamu coba untuk mengurangi rasa haus ketika menjalankan ibadah puasa.

Jangan Langsung Minum Banyak Air Saat Berbuka dan Sahur

Ketika waktu berbuka puasa tiba, sebaiknya kamu jangan langsung menenggak air minum dalam jumlah banyak dengan tempo yang cepat. Pasalnya, penyebaran air minum yang diasup menjadi tidak merata. Alhasil, tubuh kamu tidak terhidrasi dengan sempurna.

Dampaknya akan membuat kamu sering merasa haus karena sebagian tubuh kamu masih membutuhkan asupan cairan. Hal ini juga berlaku ketika kamu sedang menyantap menu sahur. Sebaiknya, minum air secara perlahan agar tubuh bisa terhidrasi dengan baik.

Baca Juga: Wawancara Kerja Saat Puasa? Perhatikan 5 Hal Penting ini agar Lancar

Menahan Rasa Haus Saat Puasa dengan Kurangi Asupan Garam

Agar bisa lebih menahan rasa haus selagi berpuasa, kamu juga bisa mengurangi makanan asin sebagai menu berbuka puasa maupun menu sahur. Sebab kandungan sodium atau garam bisa membuat tubuh menjadi cepat dehidrasi.

Meski demikian, kandungan sodium merupakan asupan penting untuk tubuh, sehingga jangan sampai kamu tidak mengonsumsinya sama sekali. Yang perlu kamu lakukan adalah cukup membatasinya, dan jangan mengonsumsinya secara berlebih selagi menjalankan puasa.

Hindari Asupan Kafein

Tips yang terakhir adalah hindari asupan kafein. Seperti yang diketahui, kandungan kafein banyak terdapat pada kopi, teh dan juga minuman berenergi. Ada baiknya, kamu tidak mengonsumsi jenis minuman tersebut ketika berbuka puasa maupun ketika sedang sahur.

Hal ini disebabkan karena kandungan kafein bersifat diuretik dan bisa membuat kadar urinase meningkat. Alhasil, kamu akan menjadi lebih sering buang air kecil dan kehilangan cairan tubuh. Dampaknya, kamu akan selalu merasa haus sepanjang hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here