Tips Menanggapi Feedback Negatif dari Atasan biar Nggak Mudah Baper

Menanggapi feedback negatif dari atasan dengan respon baik ternyata gampang-gampang susah buat dilakukan. Ada kalanya kita terlanjur kecewa hingga sakit hati saat pekerjaan kita diberi komentar tidak sesuai ekspetasi. Kebanyakan karyawan bahkan langsung down saat dikritik.

Sikap tepat seperti apa sih yang sebaiknya kita berikan kalau dikritik atasan? Biar kamu tidak mudah baper atau marah, coba lakukan hal ini saat menanggapi feedback negatif dari atasan. Siap-siap uka hati dan pikiran lebar-lebar ya!

Ambil sebagai Waktu untuk Belajar

Jika masukan dari atasan kamu anggap ada baiknya untuk perbaikan, tidak ada salahnya memandang hal tersebut sebagai bahan belajar. Kamu jelas tidak mungkin luput dari kesalahan selama bekerja. Jadi, wajar saja kalau suatu hari melakukan hal kurang tepat.

Dalam menanggapi feedback negatif, cobalah temukan sisi positifnya. Jangan hanya fokus pada kesalahan atau komplain atasanmu. Carilah sudut pandang lain yang bisa memungkinkanmu untuk belajar dari kesalahan tersebut.

Pertimbangkan Objektivitas Feedback

Namun, tidak semua masukan atasan bisa bersifat membangun. Mau tidak mau, kamu pasti akan berhadapan dengan komentar yang bukan hanya menyakitkan, tapi juga menjatuhkan. Lalu, bagaimana cara menanggapi feedback negatif semacam ini?

Pertama, berpeganglah pada objektivitas feedback tersebut. Pahami apakah respon negatif dari atasan tersebut sifatnya subjektif atau tidak. Bisa jadi atasan sedang memanfaatkan kesalahanmu sebagai ajang meluapkan emosi semata karena tidak suka denganmu.

Baca Juga: Tidak Sepakat dengan Atasan, Apa yang Harus Dilakukan?

Ucapkan Terima Kasih Saat Mendapat Feedback Negatif yang Membangun

Lain halnya jika kamu mendapatkan feedback yang membangun. Atasan yang tidak sekadar mengkritik biasanya akan memberikan saran serta solusi membantu. Ini akan memberikan perubahan besar akan sudut pandangmu pada kritik.

Berikan ucapan terima kasih tulus ketika feedback atasan tersebut bermanfaat buatmu. Meski dikritik, setidaknya kamu mendapat hal positif lain dari atasan bukan? Nah, pertimbangkan masukan atasan tadi agar kamu tidak mengulangi kesalahan yang sama selanjutnya.

Semoga tips di atas dapat membantmu dalam menanggapi feedback negatif saat bekerja ya. Jangan keburu marah atau kecewa karena dikritik. Ingat, kamu bisa belajar menjadi lebih baik dari kegagalan itu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here