Work-life Balance Gampang Banget Dicapai, asal Kamu Punya 5 Hal Ini

Semua orang pasti mendambakan work-life balance ketika menjalani kehidupan pribadi dan pekerjaan atau bisnis. Namun, ekspektasi work-life balance tercapai justru sering kali berbanding terbalik dengan kenyataan. Kamu malah kerap terlalu sibuk sampai urusan pribadi jadi terbengkali.

Work-life balance tercapai jika kamu memiliki kemampuan spesifik untuk menyeimbangkan hidup. Faktanya, lima kemampuan ini sangat penting untuk mewujudkan work-life balance yang diinginkan:

Manajemen Waktu yang Efisien

Kemampuan pertama yang patut kamu miliki agar work-life balance tercapai adalah manajemen waktu yang efisien. Usahakan untuk mengelola waktu semaksimal mungkin dan memisahkan antara jam kerja dan kehidupan pribadi.

Jika kamu berhasil melakukan manajemen waktu yang efisien, kamu tak akan kesulitan menentukan skala prioritas saat menangani pekerjaan. Risiko pekerjaan terbengkalai pun bisa diminimalkan.

Kemampuan Menentukan Fokus Secara Tepat

Tak semua orang bisa menentukan fokus secara tepat dalam menyelesaikan pekerjaan. Padahal, kemampuan ini penting agar work-life balance tercapai dan tidak menyebabkan stres. Mulai sekarang, kamu harus belajar menentukan fokus kerja berdasarkan skala prioritas.

Pada dasarnya, ada pekerjaan yang wajib diselesaikan secara pribadi dan ada pula yang patut didelegasikan kepada tim kerja.

Baca Juga: Pentingnya Self Care di Kantor agar Tetap Produktif dan Bahagia

Mengasah Kemampuan Negosiasi

Jangan menganggap remeh kemampuan negosiasi yang ternyata penting untuk membuat work-life balance tercapai. Faktanya, kamu tak harus selalu mengutamakan urusan pekerjaan di atas segala-galanya. Belajarlah bernegosiasi untuk menunda pekerjaan yang statusnya memang tidak urgent.

Kemampuan negosiasi yang baik tidak akan membuat atasan, rekan kerja, atau klien merasa diabaikan. Negosiasi yang berjalan mulus harus disertai dengan komitmen untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai kesepakatan.

Manajemen Emosi

Urusan pekerjaan memang tak selalu berjalan mulus sesuai rencana. Kadang kala, tentu ada saja rencana yang meleset dari perkiraanmu. Hal-hal tak terduga tersebut menuntut kamu untuk memiliki kemampuan manajemen emosi yang baik agar work-life balance tercapai.

Jangan mudah emosi jika ada hal-hal yang berjalan di luar kendali. Kamu harus lekas menyelesaikan masalah tersebut supaya tidak mengganggu kehidupan pribadi.

Mahir Mengelola Kehidupan Pribadi

Jangan sia-siakan waktu pribadi kamu di luar urusan pekerjaan. Agar work-life balance tercapai, manfaatkan waktu kamu bersama orang-orang terdekat semaksimal mungkin. Jangan ragu merencanakan liburan atau aktivitas mengasyikkan bersama keluarga dan sahabat. Meskipun tak punya banyak waktu senggang, perencanaan aktivitas yang efektif akan membuat kamu bahagia dan terhindar dari stres kerja,

Jadi, tak ada alasan lagi yang bisa membuat rutinitas kamu berantakan. Work-life balance akan tercapai bila kamu memperhatikan berbagai hal kecil yang berhubungan dengan pekerjaan maupun kehidupan pribadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here