Ingin Mencari Kerja di Kota Lain? Coba Dulu Lakukan Hal-Hal Ini

Sumber: proclinical

Bagi beberapa orang, tinggal di satu kota selamanya sejak lahir hingga tua adalah sebuah hal yang membosankan atau tak memberikan kesempatan. Jadi, mencari kerja di kota lain adalah sebuah perjalanan dalam hidup yang harus dilakukan. Langkah ini tentu merupakan sebuah kerumitan tersendiri. Mana yang harus dilakukan terlebih dulu: pindah kota walaupun belum ada pekerjaan atau memastikan mendapatkan pekerjaan dulu? Walaupun idealnya adalah pilihan pertama di mana Anda akan mendapatkan lebih banyak kesempatan, tetapi ini tidak bisa dilakukan oleh beberapa orang. Pindah ke kota baru dan menanggung biaya hidup tanpa punya pekerjaan adalah sebuah kemewahan yang tidak semua orang bisa menikmatinya.

Ini yang Harus Anda Lakukan Jika Ingin Mencari Kerja di Kota Lain

Mulai Lebih Awal

Job Search

Proses untuk mencari kerja di kota lain bisa butuh waktu yang sangat lama, bahkan, lebih lama dari estimasi Anda. Karena itu, Anda harus mulai lebih awal. Akan tetapi, mulai lebih awal bukan berarti beberapa bulan sebelum kelulusan. Yang lebih penting adalah bekerja agar lebih dekat dengan gol Anda sepanjang waktu sejak Anda masih menempuh pendidikan. Beberapa taktik yang harus Anda lakukan jika kini Anda masih berkuliah termasuk:

  • Bergabung dengan organisasi yang berlandaskan ketertarikan pribadi dan profesional
  • Berlatih mengembangkan kisah dan karakter profesional individu
  • Melakukan berbagai wawancara informasional
  • Membaca artikel relevan setiap harinya
  • Mengidentifikasi perusahaan yang cocok dengan ketertarikan Anda
  • Terus menerus mengecek lowongan pekerjaan

Bagi lulusan baru, pasar kerja sangatlah kompetitif karena masih belum adanya pengalaman profesional. Karena itu, magang, kerja paruh waktu, dan menjadi relawan sangat relevan dan penting untuk memulai proses mencari kerja di kota lain lebih awal. Dengan memulai lebih awal, Anda akan mendapatkan tambahan pengetahuan tentang dunia nyata dan memberikan kesempatan untuk bertemu orang-orang banyak.

Membangun Hubungan

linkedin

Gunakanlah media sosial untuk menjalin hubungan dengan perusahaan, agen perekrut, profesional lain, dan organisasi-organisasi lokal di lokasi target Anda. Akan tetapi, Anda bukan hanya harus sekedar menambahkan mereka sebagai kontak, tetapi juga benar-benar membangun relasi, mengidentifikasi pandangan yang sama, melakukan follow up, dan menjaga diri agar selalu hadir dalam dunia digital.

Gunakanlah kesempatan ini untuk mengontak orang-orang yang lebih tahu tentang bidang yang Anda ingin geluti sehingga Anda bisa belajar. Atau, kontaklah orang-orang dari perusahaan yang Anda kagumi. Jangan ragu-ragu jika memang tujuan Anda adalah belajar agar bisa sukses mencari kerja di kota lain. Mungkin, beberapa dari pesan Anda tidak akan dibalas. Tetapi, jika Anda terus melakukan ini, Anda bisa mendapatkan kesempatan tak terduga yang sangat berharga seperti menawarkan referal atau menginformasikan lowongan dan kesempatan magang.

Nikmati Proses Itu

searching info

Memang, Anda pasti akan merasa lelah terutama secara emosional dengan naik turunnya proses pencarian kerja, apalagi proses mencari kerja di kota lain. Mungkin Anda harus menjalani belasan kali screening awal lewat ponsel serta berkali-kali perjalanan pesawat atau kereta ke kota tujuan. Setiap kegagalan bukan sekedar menguras emosi, tetapi juga tenaga dan biaya Anda.

Mula-mula, secara emosional Anda akan merasa terluka dengan setiap kegagalan. Akan tetapi, Anda harus ingat dengan motivasi awal Anda untuk memilih mencari kerja di kota lain. Semakin lama, rasanya akan semakin mudah. Teruslah optimis dan temukan berbagai cara alternatif untuk membuat proses ini lebih mudah bagi Anda, misalnya, meminta opsi wawancara video, dan tes jarak jauh pada tahap-tahap awal.

Selamat berjuang mencari kerja di kota lain!

Beri Komentar Anda

komentar