Nih, Pentingnya Mencintai Diri Sendiri Sebelum Menyayangi Orang Lain

Munculnya kasus bunuh diri di usia remaja di berbagai negara membuat banyak orang sadar bahwa pentingnya menyadari dan menghargai diri sendiri. Bahkan, ada pepatah yang bilang: jangan pernah bersusah payah mencintai orang lain ketika kamu belum sanggup mencintai diri sendiri. Pendapat ini ternyata memang ada benarnya. Kenapa? Simak beberapa alasannya berikut ini ya!

Sebelum Berkorban untuk Orang Lain, Hargailah Dirimu Sendiri

Kamu pasti pernah merasakan sayang yang begitu kuat pada orang-orang di sekitarmu, entah itu keluarga, sahabat, hingga pasangan. Pernahkah kamu berkeinginan untuk melindungi mereka ketika mereka dalam masalah? Ketika rasa sayang muncul begitu kuat, maka kamu pun tumbuh menjadi sosok yang rela berkorban demi orang-orang yang kamu sayangi tadi.

Namun, sadarkah kamu bahwa sosok yang seharusnya kamu lindungi dan hargai pertama kali adalah dirimu sendiri? Ya, sebelum kamu berniat menolong orang lain, kamu harus mampu menolong dirimu. Hargailah dirimu sendiri dengan tepat, misalnya menjauhkan diri dari rasa pesimis, minder, atau membenci kekuranganmu.

Kamu tidak perlu memaksakan untuk menjadi superhero bagi siapapun karena kamu juga harus memahami batas kemampuanmu. Belajarlah untuk menghargai diri sendiri, maka kamu pelan-pelan bisa mencintai diri sendiri.

Mengenal Diri Sendiri: Tahu Apa yang Membuat Bahagia

Saat kamu bisa mencintai diri sendiri, maka dengan mudah kamu bisa mengenal dirimu yang sesungguhnya. Kamu paham apa yang ingin kamu lakukan, apa yang ingin kamu capai, apa yang kamu suka, hingga apa yang tidak kamu sukai. Dengan begitu, kamu tidak pernah memaksakan diri untuk menuruti kehendak atau selera orang-orang kebanyakan karena kamu benar-benar nyaman dengan menjadi diri sendiri.

Baca Juga: Ini Anjuran Psikolog untuk Atasi Stres akibat PHK karena Virus Covid-19

Ketika hal-hal kecil tentang kamu sudah benar-benar dipahami, kamu akan menjadi lebih mudah untuk bahagia. Kamu paham apa yang membuat kamu bahagia dan dengan itulah kamu menjalani hidup. Kebahagiaan adalah kunci dari makna hidup, jadi jangan sampai kamu kehilangan rasa bahagia ya.

Lebih Mudah Mencintai Orang Lain Ketika Sudah Bisa Menyayangi Diri Sendiri

Percayalah, mencintai pasangan harus didahului dengan mencintai diri sendiri. Kalau kamu sudah paham bagaimana memperlakukan diri sendiri dengan baik, otomatis kamu menjadi lebih mudah untuk bisa menghargai orang lain. Misalnya, kamu tidak akan menyakiti hati pasangan dengan kata-kata tertentu saat kamu sendiri sadar bahwa perkataanmu itu dapat menyakitimu juga.

Menyayangi diri sendiri juga membatasi diri kamu agar tidak terjerat dalam sebuah cinta buta. Kamu terlatih untuk merasakan bahwa kebahagiaan diri sendiri juga perlu dipertimbangkan daripada sekadar kebahagiaan pasangan. Berkorban untuk pasangan bukan berarti harus melepaskan kebahagiaan yang pernah kamu miliki.

Dengan Mencintai Diri sendiri, Inner Beuaty pun Akan Tampak

Kebahagiaan yang didapat dari menyayangi diri sendiri ternyata bisa dilihat oleh semua orang. Saat kamu sudah bisa menerapkan prinsip-prinsip mencintai dirimu, hidupmu pasti selalu terasa menyenangkan. Kamu menjadi sosok yang ramah, murah senyum, optimis, dan percaya diri. Orang-orang pun akan suka saat berada di dekatmu. Inner beuaty inilah yang membuatmu tampak berbeda. Kecantikan seperti ini jauh lebih baik daripada cantik karena makeup bukan?

Sudahkah kamu mencintai diri sendiri? Semoga dengan ini kamu makin bisa mengenal dan menghargai diri sendiri ya. Ingat, sebelum mencintai orang lain, sayangilah dirimu sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here