Tips Mendapatkan Kandidat Karyawan Ketika Pasar Kerja Sedang Sepi

mendapatkan kandidat
Sumber : inc-asean

Jika Anda berada di sebuah industri yang sangat kompetitif, dengan kandidat ideal yang tidak terlalu banyak dan diperebutkan oleh banyak perusahaan lain, atau di area dengan tingkat pengangguran yang rendah, maka upaya untuk mendapatkan kandidat dalam rangka mengisi posisi di perusahaan Anda perlu dilakukan dengan sangat strategis. Sedikitnya jumlah kandidat aktif di pasar mengharuskan Anda pintar-pintar menemukan trik agar tidak terjebak dengan rekrutan yang berkualitas rendah. Bagaimana caranya? Berikut adalah tips-tips yang bisa Anda terapkan agar Anda bisa mendapatkan kandidat terbaik saat pasar kerja sedang sepi talenta.

Strategi Mendapatkan Kandidat di Pasar yang Langka

Cari Secara Internal Dulu

Sumber : Goban King Rates

Karyawan-karyawan Anda yang sudah ada bisa menjadi aset terbaik ketika Anda berusaha mendapatkan kandidat di pasar yang sangat sempit. Karyawan yang sudah ada di perusahaan selama bertahun-tahun mungkin sudah siap untuk melakukan sesuatu yang baru. Jika seorang karyawan selama ini sudah mendapatkan segala dari yang ditawarkan pada posisinya saat ini, memindahkannya ke pekerjaan lain bisa jadi merupakan apa yang mereka butuhkan agar bisa kembali berenergi dan berkomitmen pada perusahaan. Selain itu, memindahkan seseorang ke posisi baru akan memberikan mereka kesempatan untuk mempelajari keahlian baru dan berkembang secara profesional.

Namun, Anda juga harus ingat bahwa sang karyawan tidak akan begitu saja jadi cocok pada posisi barunya hanya karena mereka sudah berperforma sangat baik di peran yang sekarang. Karena itu, proses seleksi juga harus dilakukan seperti ketika Anda berusaha mendapatkan kandidat eksternal.

Baca Juga: 4 Tips Esensial untuk Menyaring Kandidat yang Harus Dipahami Semua HRD

Buka Sumber Rekrutmen Baru

Sumber : coldbrooklions

Saat Anda berusaha mendapatkan kandidat melalui iklan, Anda mungkin memikirkan situs-situs besar yang dipakai semua orang. Namun, di pasar yang sangat sempit, Anda harus menemukan cara yang lebih kreatif untuk mendapatkan kandidat baru.

Talenta yang segar mengalir dari gerbang-gerbang universitas setiap harinya, jadi coba gunakanlah papan pengumuman universitas, grup alumni, dan jaringan-jaringan departemen untuk demografis ini sebelum mencoba pasar yang lebih luas. Kandidat-kandidat dari sumber ini biasanya sangat haus pengalaman kerja sehingga biasa jadi pelamar yang gigih. Bahkan di pasar dengan jumlah pengangguran rendah pun, banyak lulusan kuliahan yang mendapatkan pekerjaan lebih rendah dari kualifikasi mereka. Misalnya, harus bekerja di toko-toko ritel atau kafe. Jangan jadikan profesi mereka saat ini pertimbangan negatif saat Anda berusaha mendapatkan kandidat dari sumber ini. Lihatlah kualifikasi dan pendidikan mereka.

Tulis Iklan Lowongan yang Kuat dan Perlonggar Persyaratan Anda

proses rekrutmen
Sumber : candidatemanager

Lihatlah iklan lowongan kerja Anda dan tanyakan kepada diri Anda sendiri: “Jika saya mencari kerja, apakah ini akan memotivasi saya untuk melamar?”

Ketika Anda berada di area dimana tingkat pengangguran rendah, atau ketika profesi yang Anda buka memang memiliki pasar yang kompetitif dengan kandidat berkualifikasi yang tidak banyak, maka para pencari kerja punya lebih banyak pilihan. Iklan yang Anda buat perlu benar-benar menonjol agar kandidat merasa yakin mereka mau melamar pekerjaan tersebut. Buatlah iklan tersebut menarik, menginspirasi, dan tidak mengintimidasi.

Pertimbangkan pula persyaratan Anda saat Anda berusaha mendapatkan kandidat di pasar yang ketat. Daftar kriteria yang Anda buat mungkin ideal, namun apakah itu realistis? Jika kriteria Anda terlalu kompleks, maka kandidat akan malas melamar. Sebaiknya Anda memilih melonggarkan kriteria tersebut daripada tidak ada kandidat yang melamar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here