Tips Mengasah Kemampuan Berempati, agar Karier Nggak Mentok

Selain hard skill, soft skill juga diperlukan jika kamu ingin melamar pekerjaan. Bagi yang sudah bekerja, soft skill sangat dibutuhkan untuk mengembangkan karier. Salah satu kemampuan soft skill yang perlu dimiliki adalah kemampuan berempati. Oleh karenanya, mengasah kemampuan empati sangat diperlukan.

Empati merupakan kemampuan untuk ikut merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain. Dengan memahami perasaan orang lain, kamu bisa mengidentifikasi dengan baik masalah yang dihadapi orang lain. Sehingga, kamu bisa menyelesaikan masalah tersebut dengan baik.

Selain itu, kamu juga bisa mengidentifikasi dengan baik masalah yang dihadapi orang lain. Alhasil, kamu bisa menyelesaikan masalah tersebut dengan baik.

Mengasah Kemampuan Mendengar

Mendengar dalam hal ini bukan hanya untuk mengetahui informasi dengan kemampuan pendengaran yang dimiliki. Lebih dari itu, kamu diharapkan bisa memahami apa yang sedang dialami oleh rekan kerja.

Selain itu, saat mendengarkan orang lain berbicara, jagalah kontak mata, perhatikan bahasa tubuhnya dan berikan respon sekiranya diperlukan. Sehingga rekan kerjamu merasa diperhatikan dan dihargai.

Mengasah Empati dengan Membaca Bahasa Tubuh

Selain mendengar dengan indera pendengaran, kamu juga bisa melatih kemampuan untuk membaca gesture atau bahasa tubuh. Sehingga kamu bisa lebih memahami apa yang dirasakan oleh rekan kerja. Sebaliknya, perhatikan bahasa tubuh yang kamu gunakan jika sedang berbicara.

Karena beberapa gesture atau bahasa tubuh yang digunakan bisa menyinggung atau merendahkan perasaan orang lain. Kalau hal ini terjadi, maka akan konflik akan muncul.

Baca Juga: Agar Terlihat Profesional, Ini 6 Aturan Bahasa Tubuh yang Harus Diikuti

Menggunakan Perspektif Orang Lain

Salah satu cara untuk memahami apa yang dirasakan oleh rekan kerja adalah dengan menempatkan dirimu pada posisinya. Jika ia mengalami masalah, tanyakan pada dirimu apa yang bisa terjadi. Selain itu, tanyakan pula apa yang akan kamu rasakan dan apa yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Dengan sering menggunakan perspektif orang lain, kamu tidak hanya bisa mengasah empati. Lebih dari itu, kamu bisa melatih dirimu untuk bisa mengatasi setiap permasalahan yang muncul.

Melatih Ketenangan

Ketenangan tidak hanya diperlukan saat kamu berada dalam masalah. Kamu juga memerlukannya saat sedang berbicara dengan atasan atau rekan kerja. Tanggapilah apa yang diinformasikan dengan tenang. Berikan respon yang tepat sewajarnya dan jangan berlebihan.

Selain itu, cobalah bersabar saat mendengarkan. Jangan memotong pembicaraan saat atasan atau rekan kerjamu sedang berbicara.

Mengasah Kemampuan Berempati dengan Bekerjasama

Bekerja bersama-sama bisa mengasah kemampuan interpersonal. Karena, dengan bekerjasama kamu belajar untuk menghilangkan ambisi atau tujuan pribadi. Sehingga tujuan bersama lebih diutamakan. Kamu juga belajar untuk berkomunikasi dan berkoordinasi dengan lebih baik.

Jika terjadi masalah, kamu tidak mudah stres karena mengatasinya seorang diri. Karena, selalu ada rekan kerja lain yang bisa membantumu memecahkan masalah tersebut. Sebaliknya, kamu diharapkan untuk bisa membantu rekan kerja lain jika mereka mendapatkan masalah.

Lakukan Deep Conversation

Deep conversation merupakan pembicaraan yang lebih dalam dan mendetail tentang sebuah topik pembicaraan. Dengan melakukannya kamu akan lebih mengerti apa yang sedang dialami oleh rekan kerja dengan lebih baik. Hal ini tentunya tidak bisa kamu dapatkan jika hanya melakukan pembicaraan singkat atau sekedar basa-basi.

Jika rekan kerja mengalami masalah, deep conversation juga membantu rekan kerjamu untuk mengurangi beban permasalahan yang sedang dihadapinya. Sehingga, ia bisa berpikir lebih jernih dan menghadapi masalahnya dengan lebih baik.

Dengan selalu mengasah kemampuan berempati, kamu jadi lebih mudah mengidentifikasi permasalahan yang ada di tempat kerja. Kamu juga menjadi tahu apa yang dirasakan atasan, rekan kerja ataupun pelanggan saat permasalahan tersebut muncul. Sehingga kamu bisa mendapatkan solusi yang tepat untuk mengatasinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here