Hati-Hati ya! Mengatasi Jerawat Saat Hamil Nggak Boleh Sembarangan

Mengatasi jerawat saat hamil tidak boleh menggunakan produk sembarang karena ini bisa berdampak pada janin. Biarpun munculnya jerawat dianggap normal, namun wanita hamil sangat disarankan untuk tidak asal-asalan menggunakan obat untuk mengatasi masalah ini.

Lalu, bagaimana caranya untuk mengatasi jerawat saat hamil menggunakan bahan alami yang aman dan praktis?

Masalah Jerawat Saat Hamil

Jerawat yang muncul saat hamil adalah hal yang normal. Jadi kamu tidak perlu khawatir. Ini bisa terjadi karena ketidakseimbangan hormon dan biasanya mereda segera setelah kadar hormon normal kembali. Pada saat seorang wanita tidak dalam keadaan hamil, ia bisa saja menggunakan obat jerawat untuk mengatasinya.

Namun, kulit kamu akan menjadi sangat sensitif ketika hamil. Oleh karena alasan inilah kenapa kamu perlu sangat berhati-hati ketika mengaplikasikan produk kosmetik apapun pada wajah.

Mengatasi Jerawat Saat Hamil Secara Alami

Ada beberapa cara alami yang dapat kamu ikuti untuk mengatasi jerawat saat hamil, seperti cara berikut ini:

Tree tea oil

Tidak diragukan lagi jika tree tea oil adalah bahan alami luarbiasa yang dapat membantu mengatasi jerawat sehingga aman digunakan oleh wanita hamil. Namun, kamu perlu melakukannya dengan tree tea oil yang telah diencerkan. Bahan alami ini diketahui memiliki sifat anti bakteri dan anti peradangan sehingga cocok untuk mengatasi jerawat.

Untuk melakukannya, campurkan tree tea oil dengan minyak esensial lain, seperti minyak kelapa atau minyak lavender, atau cukup dicampur dengan air biasa. Setelah itu, aplikasikan pada bagian jerawat. Kamu bisa melakukan ini tiap malam sebelum pergi tidur.

Baca Juga: The Power of Jeruk Nipis: Cara Mengatasi Jerawat Batu yang Membandel

Witch hazel

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat saat hamil adalah dengan menggunakan witch hazel. Tidak banyak orang yang tahu akan bahan alami yang ajaib ini, dan apa yang bisa dilakukan untuk jerawat.

Perlu kamu tahu jika witch hazel tidak hanya dapat mengurangi peradangan dan bengkak, tetapi juga bisa mengatasi bekas jerawat. Kamu hanya perlu meneteskan beberapa tetes witch hazel pada kapas, lalu aplikasikan pada area wajah yang terkena jerawat.

Cuka sari apel

Cuka sari apel diketahui dapat membantu membuka pori, mengontrol sebum dan membantu mengatasi jerawat. Jadi, bahan alami ini pun cocok digunakan untuk mengatasi jerawat saat hamil. Untuk melakukannya campurkan cuka sari apel dengan air distilasi dengan perbandingan 1 : 3 untuk campuran larutan.

Selanjutnya, celupkan kapas lalu aplikasikan pada jerawat di wajah. Campuran ini akan menyerap kelebihan minyak sehingga dapat mengontrol jerawat yang ada. Namun, pastikan kamu tidak menggunakan cuka sari apel yang masih belum dilarutkan karena bahan ini memiliki karakter asam di alam hingga bisa menyebabkan luka bakar.

Glycolic acid

Cara lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi jerawat saat hamil adalah dengan menggunakan glycolic acid. Asam kulit dengan sifat eksfoliasi ini dimasukan pada produk perawatan kulit OTC yang dapat melakukan keajaiban untuk mengatasi jerawat saat hamil dan benar-benar aman.

Kamu dapat mengandalkan facial peel dan face wash yang diformulasi dengan glycolic acid untuk membantu menghilangkan jerawat dan mengangkat sel-sel kulit mati hingga membuat kulit terasa halus dan kencang.

Campuran lemon, madu, dan kunyit

Lemon diketahui kaya akan asam sitrat dan bisa membersihkan minyak kulit, madu dapat membunuh bakteri dan menciptakan kelembapan, sementara kunyi memiliki sifat antiseptik dan anti peradangan. Campuran ini pun ideal digunakan untuk mengatasi jerawat saat hamil.

Caranya, campurkan 2 sendok makan madu dengan beberapa tetes sari lemon dan sejumput kunyit bubuk. Kemudian aplikasikan pada wajah. Bilas setelah 15-20 menit lalu aplikasikan pelembap. Kamu bisa melakukan perawatan ini sampai masalah jerawat teratasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here