Tips Mengatasi Mata Lelah Akibat Seharian Duduk di depan Komputer

Sebagian orang pasti mengalami keluhan mata yang lelah, kaku, dan tegang. Berdasarkan hasil studi, keluhan tersebut terjadi akibat kebiasaan orang-orang yang menghabiskan waktunya di depan komputer.

Tahukah kamu jika kegiatan tersebut tidak diiringi dengan perlakuan yang tepat akan berakibat buruk? Nah, untuk menghindari dampak buruk dari kelamaan duduk di depan komputer pada mata, simak tips berikut ini.

Lakukan Pengecekan Mata Secara Menyeluruh

Dampak buruk pada mata akibat lelah berhadapan dengan komputer adalah CVS atau Computer Vision Syndrome. Untuk mencegah atau mengatasi mata lelah, langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengecek kesehatan mata secara menyeluruh.

Setelah satu tahun bekerja dengan komputer kamu direkomendasikan untuk melakukan pengecekan mata. Sampaikan seberapa sering kamu menggunakan komputer tiap harinya dan jarak antara mata dengan layar komputer saat pemeriksaan. Dengan begitu, dokter akan lebih mampu memberikan penjelasan terkait kondisi matamu.

Gunakan Cahaya Seperlunya

Sudah bukan rahasia lagi jika kondisi lingkungan yang terlalu terang akan berakibat buruk pada kesehatan mata kamu terutama saat sedang berhadapan dengan layar komputer.

Paling tidak, pastikan cahaya ruangan tidak terlalu terang. Ketika sedang menggunakan komputer, cahaya yang bagus adalah 50 persen lebih gelap dari cahaya lingkungan di ruang kerja. Kamu bisa menutup gorden jendela jika memang diperlukan.

Lebih Sering Mengedip

Saat menggunakan komputer pasti mata akan terasa kering dan lelah. Untuk mengatasi mata lelah, kamu bisa usahakan untuk lebih sering berkedip.

Dengan berkedip, akan melembapkan mata dan mencegah mata menjadi kering ataupun iritasi sehingga memperkecil kemungkinan kerusakan pada mata.

Baca Juga: Bahaya! Daripada Mengucek Mata, Sebaiknya Lakukan 3 Hal Ini

Lebih Sering Istirahat

Ketika terlalu lama di depan komputer, bukan hanya mata yang lelah, tetapi juga punggung, bahu, dan leher. Untuk mengurangi resiko dari CVS ini, usahakan untuk lebih sering istirahat.

Jangan berpikir jika dengan istirahat akan mengurangi produktivitas, sebaliknya kamu akan bekerja lebih produktif ketika tubuh dalam keadaan segar. Kamu bisa berdiri atau sekedar bergerak-gerak untuk beristirahat. Rilekskan juga tangan, leher, kaki, dan bahu.

Lingkungan Kerja yang Nyaman

Supaya kamu bisa lebih nyaman bekerja seharian di depan komputer, akan lebih baik jika kamu mengubah lingkungan kerja yang nyaman. Misalnya, gunakan kursi yang bisa diatur tinggi rendahnya. Kamu juga bisa mengatur cahaya ruangan di kantor agar lebih bersahabat.

Nah, itulah beberapa tips mengatasi mata lelah akibat seharian duduk didepan komputer. Dibandingkan mengobati, bukankah lebih baik mencegah kerusakan mata?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here