Tips Mengatasi Stres Mencari Kerja di Kala Pandemi, Jaga Dirimu Ya!

Stres mencari kerja kemungkinan besar hampir dialami para pencari kerja di masa pandemi. Maklum saja, wabah COVID-19 setidaknya cukup berdampak pada sektor ekonomi. Ketersediaan lapangan kerja pun kian menipis seiring beberapa perusahaan terpaksa mengurangi karyawan.

Berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari stres saat mencari kerja. Di kala pandemi begini, benar-benar butuh menjaga hati dan pikiran tetap tenang ya!

Hidup Teratur dan Konsisten

Meski belum mendapatkan pekerjaan alias menganggur, tetaplah hidup teratur sejak pagi hari. Jangan bangun siang karena hanya akan membuatmu makin malas. Lakukan hal-hal sederhana di rumah yang membuatmu lebih produktif sejak pagi.

Sebisa mungkin jangan lewatkan waktu sarapan, makan siang, hingga makan malam. Konsistenlah dalam berdisiplin diri karena itu akan membuatmu tidak larut dalam kesedihan saat menganggur. Jangan stres mencari kerja dengan tidak melakukan apa-apa.

Olahraga

Jagalah kebugaran badan di tengah pandemi. Ingat, kamu harus punya imunitas baik untuk menjaga kesehatan agar tidak mudah terkena virus COVID-19. Masukkan kegiatan berolahraga dalam agenda rutin harianmu.

Melakukan yoga atau meditasi bisa membantu meredakan stres saat mencari kerja. Namun, tidak ada salahnya juga kalau kamu lebih nyaman dengan olahraga ringan seperti jogging atau bersepeda. Pokoknya, beri waktu untuk tubuhmu bergerak agar tetap bugar.

Baca Juga: Ini Tips Mencari Kerja di Job-Like di Tengah Pandemi Covid-19

Tetap Bersosialisasi

Ada kalanya beberapa pencari kerja mulai serba tertutup dari lingkungan sosial karena minder masih menganggur. Jangan lakukan ini ya! Tetaplah bersosialisasi sebagaimana biasanya agar kamu tidak mudah merasa sedih.

Sering-seringlah bertukar kabar pada teman. Siapa tahu kamu justru mendapat pekerjaan dari relasi yang kamu bangun loh. Curahkan kegelisahanmu ke teman yang tepat agar kamu tidak rentan stres.

Ikut Kursus Online

Daripada larut stres mencari kerja, manfaatkan waktu kosong yang ada untuk meningkatkan kemampuanmu. Bekalilah dirimu dengan kemampuan yang berhubungan dengan bidang yang kamu lamar. Perbanyaklah waktu untuk belajar, terutama dengan kursus online.

Kursus online sendiri makin menjamur di masa pandemi ini. Agendakan saja minimal tiga hingga empat kali dalam sebulan kamu mengikuti beberapa kursus tersebut. Percaya deh, tidak ada ruginya belajar mengembangkan diri saat masih menganggur.

Menerima Keadaan

Rasa stres muncul karena kondisi mental diri yang sulit menerima kenyataan. Jadi, jangan lawan dirimu terlalu keras. Terima saja dulu kalau kamu memang belum diberi kesempatan untuk bekerja.

Setelah hatimu lebih tenang menerima keadaan, maka pikiranmu menjadi lebih jernih untuk bersikap. Buat beberapa rencana ke depan, entah jangka pendek atau panjang. Pikirkan kira-kira pekerjaan apa yang bisa kamu lakukan sembari menunggu panggilan kerja.

Yuk, bangun dari rasa stres mencari kerja di masa pandemi begini! Kembangkan potensimu untuk tetap berusaha dan bertahan menuju karier impianmu. Semangat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here