Jelang Liburan Akhir Tahun, Ini 5 Tips Mengatur Keuangan agar Liburanmu Aman!

tips mengatur keuangan
Sumber: cheapoair

Tidak terasa tahun 2018 segera berlalu. Sebelum memasuki tahun 2019, mungkin kamu sudah merencanakan sebuah liburan untuk menutup tahun ini dengan indah. Apakah kamu sudah tidak sabar ingin berlibur di akhir tahun ini? Coba cek dulu persiapanmu sebelum liburan, terutama dalam hal keuangan. Kamu tentu tidak mau bukan kalau mendadak kantong kering di awal tahun sehabis liburan? Oleh sebab itu, kamu butuh sekali mengatur keuangan sebelum liburan. Berikut ini adalah beberapa tips mengatur keuangan agar liburanmu aman dan menyenangkan. Siapa tahu tips mengatur keuangan ini bisa kamu coba!

Rencanakan Budget Liburan Mulai dari Sekarang

sumber: icelandnaturally.com

Tips mengatur keuangan liburan akhir tahun yang pertama adalah merencanakan anggaran untuk liburan. Mungkin kamu sudah booking pesawat sejak jauh-jauh hari, maka kamu juga wajib membuat rencana budget untuk keperluan selama liburan. Buatlah rencana pengeluaran yang hemat tapi tetap realistis. Pastikan kamu membuat list biaya untuk penginapan, transportasi, hingga makan. Rencana ini bisa menjadi panduan untuk kamu menggunakan uang selama berlibur.

Baca Juga: Waktunya Liburan, Ini 5 Festival Salju di Eropa yang Seru dan Unik!

Agar Biaya Tidak Jebol, Susun Destinasi Wisata dengan Cermat

sumber: tripsavvy.com

Mengapa menyusun destinasi wisata menjadi sangat penting? Selain agar kamu tidak bingung, kegiatan ini juga berhubungan langsung dengan biaya yang harus kamu siapkan loh. Sebisa mungkin susun perjalananmu beserta rencana transportasi yang akan kamu gunakan. Dengan begitu, kamu bisa mengestimasi biaya transportasi yang dibutuhkan. Memilih transportasi dengan harga terjangkau menjadi salah satu tips mengatur keuangan saat liburan. Namun, ingat juga untuk menjaga keamanan diri selama berlibur ya.

Pertimbangkan Barang yang akan Kamu Bawa

sumber: freepik

Jika kamu berencana berlibur di luar negeri yang memiliki empat musim, pastikan kamu menyiapkan pakaian yang akan kamu bawa. Kamu tentu butuh membawa beberapa jaket dan pakaian tebal lainnya. Nah, apakah kamu sudah memiliki pakaian yang cukup? Jika belum, jangan lupa masukkan biaya tersebut ke perencanaanmu. Cocokkan pakaian yang kamu bawa dengan lamanya kamu di sana. Jangan sampai kamu justru membeli banyak barang tidak perlu saat di sana sementara barang tersebut bisa kamu beli dengan harga jauh lebih murah di sini. Jangan lupa dengan tips keuangan yang satu ini ya!

Tips Mengatur Keuangan yang Penting Salah Satunya Merencanakan Makan saat Liburan

sumber: freepik

Bukan bermaksud pelit, tetapi mengontrol biaya makan dan transportasi itu penting. Coba lakukan riset dulu makanan apa yang bisa kamu konsumsi saat liburan. Lalu, cek tempat mana saja yang bisa memberikanmu harga makanan lebih hemat. Kamu tidak perlu kan menikmati makanan serba mahal saat berlibur? Yang penting gizinya mencukupi dan bisa menjadi energi selama kamu liburan.

Tidak Perlu Terlalu Fokus pada Oleh-Oleh adalah Tips Keuangan Paling Jitu

sumber: cheapoair.com

Memang sih tidak ada yang salah dengan membeli oleh-oleh. Apalagi biasanya banyak teman dan keluarga minta dibelikan oleh-oleh. Namun, kamu tidak perlu harus fokus pada hal tersebut. Kalau mau, belilah oleh-oleh yang sesuai dengan budget saja. Kamu tidak perlu memaksakan diri menyenangkan semua orang dengan membeli oleh-oleh mewah. Lagipula ini kan liburanmu, jadi fokus saja ke liburan!

Dengan tips mengatur keuangan saat liburan tadi, semoga liburan akhir tahunmu ini menyenangkan ya! Ingat, kalau semua direncanakan dengan baik, kamu tidak perlu cemas kehabisan uang setelah berlibur.

Beri komentar Anda tentang artikel ini