Mengelola Bisnis Musiman Secara Tepat agar Bisa Meraup Untung Besar

Merintis bisnis ternyata tak harus dilakukan berdasarkan rencana jangka panjang. Kadang kala, kamu justru harus memanfaatkan momen yang singkat untuk memulai dan mengelola bisnis musiman. Faktanya, bisnis musiman bisa menghasilkan keuntungan fantastis jika dikelola dengan cara yang tepat.

Sebelum mengelola bisnis musiman, yuk simak dulu ulasan selengkapnya berikut ini!

Apa yang Dimaksud dengan Bisnis Musiman?

Bisnis musiman (seasonal business) adalah jenis usaha yang dilakukan dalam rentang waktu tertentu karena mengutamakan tren dan permintaan pasar yang sedang tinggi. Proses mengelola bisnis musiman dianggap lebih mudah dan potensi untungnya lebih besar dalam waktu singkat. Beberapa contoh bisnis musiman antara lain:

  • Momen hari raya: kue dan baju lebaran, kembang api, hewan kurban, hampers Imlek, dan hampers Natal.
  • Tren yang sedang digandrungi masyarakat: batu akik, tanaman hias, dan ikan hias.
  • Berdasarkan kejadian tertentu: pandemi membuat banyak orang merintis bisnis masker, vitamin, alat-alat kesehatan, dan jual beli sepeda.

Baca Juga: Tips Membangun Bisnis Rumahan untuk Karyawan

Cara Efektif Mengelola Bisnis Musiman

Kalau kamu berencana memulai bisnis musiman dalam waktu dekat, kamu harus memperhatikan beberapa hal penting berikut ini:

Memulai Bisnis di Waktu yang Tepat

Hal pertama yang mesti kamu ketahui jika ingin merintis dan mengelola bisnis musiman adalah memulainya di momen yang tepat. Misalnya, kamu merintis bisnis hewan kurban sejak satu hingga dua bulan sebelum hari raya.

Periode bisnis yang tepat berpeluang meningkatkan omzet karena bisnismu masih minim kompetitor. Jangan sampai terlambat memulai bisnis sehingga sulit mendapatkan perhatian pelanggan.

Menawarkan Promo yang Menarik

Tak dapat dipungkiri kalau penawaran promo yang menarik adalah salah satu kekuatan yang patut ada pada suatu bisnis sampingan. Kamu bisa memberikan potongan harga, cashback, bonus produk, atau jenis penawaran lainnya untuk menggugah keinginan belanja calon pelanggan.

Jadi, sebaiknya kamu juga tak lupa melakukan riset sederhana tentang promo yang disukai masyarakat, ya. Sehingga proses mengelola bisnis sampingan jadi lebih mudah.

Memanfaatkan Media Sosial

Jangan mengabaikan kekuatan media sosial untuk mendukung bisnis musiman. Kamu bisa menggunakan media sosial untuk melakukan riset (Q&A Instagram) serta mempopulerkan bisnismu.

Cantumkan informasi menarik di media sosial supaya para followers tertarik membeli produkmu. Mengelola bisnis musiman dengan memanfaatkan media sosial akan memperluas pangsa pasar bisnismu.

Mengatur Jumlah Persediaan Produk Secara Cermat

Tak seperti bisnis biasa yang dilakukan terus-menerus, mengelola bisnis musiman biasanya hanya pada momen tertentu. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu tidak menyimpan persediaan barang dalam jumlah banyak. Kamu mesti jeli menentukan persediaan barang supaya tetap bisa meraih keuntungan sekaligus menghindari tekor akibat sisa barang yang terlalu banyak.

Jadi, bisnis musiman apa nih yang akan kamu rintis dalam waktu dekat?

Semoga kamu bisa mempraktikkan ulasan kiat ini semaksimal mungkin agar dapat memperoleh keuntungan berlipat ganda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here