Puasa Saat Pandemi: Tips Mengelola Keuangan di Bulan Ramadhan

Pandemi COVID-19 belum juga berakhir. Oleh karenanya, umat muslim di Indonesia kembali harus menjalankan ibadah puasanya sambil menjalankan protokol kesehatan. Dari sisi keuangan, kamu juga harus tahu bagaimana caranya mengelola keuangan di bulan puasa saat pandemi.

Menjalankan puasa di masa pandemi sedikit berbeda dengan menjalankannya di masa-masa normal. Demikian juga dengan pengelolaan keuangan.

Ada beberapa jenis biaya yang harus kamu antisipasi sebelumnya. Lebih dari itu, kamu juga harus bisa mengelola keuangan di bulan puasa saat pandemi masih berlangsung.

Berikut ini jenis-jenis biaya yang harus diantisipasi beserta tips mengelola keuangan di bulan puasa selama masa pandemi.

Biaya Tak Terduga

Di bulan puasa, biaya tak terduga bisa membengkak jumlahnya. Oleh karenanya, perhitungkan dan persiapkan sejak awal biaya ini. Salah satu biaya terduga yang bisa dikeluarkan di bulan puasa adalah biaya ngabuburit. Berjalan-jalan atau plesiran sambil menunggu waktu berbuka bisa memakan biaya yang tidak sedikit.

Di masa pandemi ini, ada baiknya kamu mengurangi biaya ngabuburit. Selain untuk berhemat, kamu juga harus mematuhi protokol kesehatan bukan? Cobalah untuk mengurangi bepergian ke tempat-tempat keramaian.

Biaya tak terduga lainnya, yaitu biaya transportasi. Di bulan puasa, tingkat mobilitas bisa bertambah. Karena kamu harus berbelanja lebih sering. Selain itu, kamu juga harus bepergian untuk berbuka puasa bersama.

Selain kedua jenis biaya di atas, biaya tak terduga yang juga bisa kamu keluarkan adalah biaya pernak-pernik lebaran. Jenisnya beragam. Dari mulai biaya memperbaiki dan mendekorasi rumah hingga biaya untuk membeli pakaian baru.

Baca Juga: Hemat Selama Pandemi? Berikut Pengeluaran yang Bisa Dipangkas

Bujet Buka Bersama di Masa Pandemi

Buka bersama sudah menjadi tradisi umat muslim di Indonesia. Oleh karenanya, kamu harus mempersiapkan bujet ini. Apalagi jika kamu menjadi penyelenggara acara buka bersama. Tentunya bujet yang harus dipersiapkan lebih besar.

Hanya saja, di masa pandemi ini, bujet buka puasa bersama bisa dikurangi. Karena, kamu harus mematuhi protokol kesehatan. Jika ingin menghadiri acara bukber, pilihlah yang benar-benar penting.

Jika kamu menjadi penyelenggaranya, batasi jumlah undangan yang datang. Selain itu, persiapkan pula bujet protokol kesehatan. Semisal, biaya pembelian hand sanitizer, masker, dan lain-lain.

Tips Mengelola Keuangan Saat Puasa di Masa Pandemi

Agar kamu bisa menjalankan puasa dengan baik dan agar kondisi keuanganmu tetap sehat, lakukan beberapa hal ini.

Cek Kondisi Finansialmu

Pandemi COVID-19 sudah berlangsung lebih dari satu tahun lamanya. Cek apakah situasi ini sudah mempengaruhi kondisi keuanganmu. Apakah saat ini kondisi keuanganmu cukup sehat? Atau kamu harus melakukan penghematan agar tidak kondisi keuanganmu menjadi lebih sehat? Cek juga jumlah tabungan dan cicilan.

Bujet Bulanan Khusus Bulan Ramadhan

Memasuki bulan puasa, buatlah bujet bulanan yang sedikit berbeda dengan di bulan-bulan lainnya. Hal ini karena ada banyak biaya tambahan yang harus dikeluarkan selain belanja bulanan, tagihan bulanan dan tabungan rutin. Semisal, biaya tak terduga dan bujet buka bersama.

Patuhi Bujet

Patuhi bujet bulanan yang sudah kamu buat. Catat jumlah pengeluaran setiap harinya dan jangan sampai terlupa.

Kamu Mendapatkan THR? Perhatikan Hal Ini

Sebelum pandemi kamu mungkin menggunakan tunjangan hari raya (THR) untuk mudik atau keperluan lain. Di masa pandemi ini, ada baiknya kamu menggunakan THR untuk tujuan finansial jangka jangka panjang. Semisal, membayar utang, berinvestasi, asuransi atau untuk membangun dana darurat.

Hindari Godaan Diskon

Godaan promo dan diskon seringkali datang di bulan puasa. Untuk itu, cobalah menghindarinya dengan lebih bijak membelanjakan uang. Belanjakan uang untuk keperluan yang benar-benar penting. Selain itu, jangan lupa untuk beramal.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengelola keuangan saat berpuasa di masa pandemi COVID-19. Dengan melakukannya, diharapkan kondisi keuanganmu tetap sehat dan kamu bisa menjalankan ibadah di bulan Ramadhan dengan tenang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here