Sstt… Begini Cara Menghadapi Kegagalan Saat Berkarier!

Apa yang terlintas di benakmu mengenai kegagalan? Seram? Memalukan? Atau bahkan kasihan? Meskipun terdengar tidak menyenangkan, nyatanya kegagalan bukanlah hal yang harus dihindari loh. Semua orang yang sukses pun pernah melewati kegagalan yang tidak sedikit. Lagipula, kegagalan bukan berarti akhir dari segalanya. Termasuk kegagalan saat berkarier. Tidak perlu fokus pada kegagalanmu, namun lihatlah pada bagaimana kamu bangkit dari kegagalan dan menjadikannya pelajaran berharga.

Penelitian menunjukkan jika kamu berada di bawah usia 30 tahun, ada 90 persen kemungkinan kamu akan gagal dan tertahan di tempat yang sama hingga 20 tahun mendatang. Nggak mau dong kamu diam di tempat selama 20 tahun tanpa perubahan berarti?

Nah, daripada mengkhawatirkan hal yang belum terjadi, ada baiknya kamu mengikuti saran ini untuk menghadapi kegagalan saat berkarier.

Cermat Melihat peluang

Setiap usaha hanya memiliki peluang berhasil atau gagal. Sebelum terjun langsung, ada baiknya kamu melihat kemungkinan terbesar. Jika peluang gagal lebih besar, ada baiknya kamu berhenti sebelum terjun lebih jauh. Terdengar pesimis sih, tapi kamu dapat meminimalisir kerugian yang akan dialami. Ya, setidaknya kita harus menyadari jika kondisi yang tidak memungkinkan untuk membuat kita sukses di bidang itu.

Coba deh buat timeline mengenai pekerjaan atau usaha yang kamu lakukan setiap hari. Apakah perubahan ke depannya apakah membuatmu berkembang atau justru sebaliknya? Memang sih ada kalanya usaha kamu akan berhasil setelah melewati berbagai rintangan. Namun, kita harus tahu kapan harus lanjut atau justru menghentikannya.

Pegang Kendali dan Sadari Kesalahan yang Ada

Jika kegagalan saat berkarier sudah terjadi, kamu tentu perlu belajar dan menyadari kesalahan yang telah dibuat. Bukan untuk disesali, melainkan kamu bisa menjadikannya sebagai pelajaran baru untuk menghadapi tantangan selanjutnya.

Baca Juga: Ingin Mengembangkan Karier Impian? Ini Tipsnya untuk Kamu

Meskipun terasa pahit, nyatanya kamu tidak sendiri yang mengalaminya. Dibandingkan menyalahi kondisi eksternal seperti manajemen yang jelek dan timing yang nggak tepat, ada baiknya kamu fokus pada kesalahan yang bisa diperbaiki. Berdamailah dengan diri sendiri dan move on, bisa mendewasakan dirimu loh.

Keluar dari Zona Nyaman dan Coba Hal Baru

Apakah kariermu berjalan di tempat tanpa ada perkembangan berarti? Rasanya apapun yang kamu lakukan tidak membawa perubahan dan hanya akan membuang-buang waktu. Agar tidak menyesal kenapa tidak mulai mencoba hal baru untuk dieksplor?

Hidupmu akan dimulai ketika keluar dari zona nyaman. Bisa saja hal baru yang kamu lakukan jadi turning point untuk karier dan usahamu. Tidak ada yang tidak mungkin selama kamu berani mencobanya! Daripada penasaran, yuk mulai wujudkan pikiranmu!

Kejar Pendidikan

Long life education. Dalam hidup ini kita selalu mengalami proses pembelajaran. Sama halnya dalam berkarier, kita membutuhkan kemampuan yang lebih jauh lagi untuk terus berkembang. Jangan khawatir, pendidikan nggak harus lewat lembaga formal kok!

Kamu bisa mengikuti sertifikasi program, kursus jangka pendek, seminar, atau bahkan program belajar online yang dapat mengikuti jadwal dan kebutuhanmu. Bukan hanya menambah ilmu, kamu pin semakin percaya diri untuk mencapai kesuksesan. Plus, kamu juga bisa mendapatkan insight baru untuk menghindari kegagalan.

Coba Menjadi Entrepreneur

Bekerja sebagai karyawan memang memiliki target jabatan yang jelas untuk dicapai. Namun, nyatanya akan susah menjadi bos tanpa atasan. Bagi kamu yang tidak suka ditekan dan diatur kanan kiri, kenapa nggak mencoba menjadi seorang entrepreneur?

Bukan hanya menentukan eksekusi atas karier sendiri, kamu juga bisa belajar untuk membuat keputusan cepat dan bertanggung jawab pada semua pilihan yang kamu ambil. Selain itu, kamu juga membuka lapangan pekerjaan baru untuk banyak orang dan mengejar karier sesuai passion. Namun ingat, modal saja tidak cukup bila kamu tidak memiliki perhitungan matang dan bijaksana.

Manfaatkan Media Sosial

Berkat teknologi, hampir semua informasi bisa kita dapatkan dengan mudah melalui media sosial. Dengan memaksimalkan manfaat fitur yang ada, kamu bisa loh mempromosikan usaha dan mencari klien. Meski terlihat mudah, nyatanya kamu perlu sikap konsisten dan kreatif dalam membuat konten yang menarik untuk dilihat orang.

Bagaimanapun juga, rumput tetangga memang sering terlihat lebih hijau. Tapi nyatanya, rumputmu mencerminkan seberapa besar usahamu dalam mencapai kesuksesan. Meski kegagalan saat berkarier tidak dapat dihindari, kamu tetap harus berani bangkit dan mengejar kesuksesanmu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here