4 Cara untuk Tetap Tenang Menghadapi PHK di Perusahaan

Pandemi COVID-19 yang belum berakhir mempersulit banyak perusahaan. Kondisi keuangan perusahaan menjadi titik yang paling berdampak selama pandemi. Akibatnya, manajemen perusahaan terpaksa mengambil langkah miris berupa pemutusan hubungan kerja (PHK). Menghadapi PHK di masa sulit ini jelas momok menakutkan bagi setiap karyawan.

Bila perusahaan kamu sedang aktif melakukan PHK, apa yang harus kamu lakukan? Ada beberapa cara agar kamu tetap tenang menghadapi situasi rumit yang tengah terjadi di dalam perusahaan. Berikut tips menghadapi musim PHK di perusahaan.

Fokuslah pada Tugas Sehari-hari

Musim PHK yang melanda perusahaan jelas membuat karyawan terdistraksi dalam bekerja. Kamu sebagai salah satu bagian dari perusahaan tentu terganggu dan tidak tenang dalam bekerja. Namun, coba redakan kegalauan pikiran dengan memfokuskan upaya-upaya pada hal-hal yang harus kamu lakukan setiap harinya.

Fokuskan pikiranmu pada hal-hal yang penting dan mendesak agar pikiranmu tidak semakin berkeliaran ke mana-mana. Jadi, fokus pada pekerjaan harian. Semakin banyak waktu yang kamu habiskan untuk mengerjakan tugas, semakin sedikit waktu yang kamu sia-siakan untuk mengkhawatirkan kemungkinan kehilangan pekerjaan.

Inisiatif Melakukan Pekerjaan Tambahan Milik Mantan Rekan Kerja

Kekurangan dari bekerja pada sebuah perusahaan yang sedang menghadapi PHK adalah adanya pelimpahan beban kerja milik karyawan yang ter-PHK kepada karyawan lainnya. Mungkin kamu pun harus bekerja lebih berat karena mendapatkan limpahan tugas dari rekan kerja.

Namun, sisi positifnya, situasi ini bisa menjadi kesempatan kamu untuk mempertahankan posisi dari ancaman PHK. Ketika kamu mengambil alih tanggungjawab tugas-tugas penting perusahaan, maka kamu menjadi karyawan berharga. Perusahaan akan mempertimbangkan lagi bila mereka berencana mem-PHK kamu.

Baca Juga: Kena PHK Massal? Intip 4 Tips Mengatur Keuangan Selama Pandemi

Jadi, ada baiknya juga bila kamu berinisiatif untuk mengambil alih tugas karyawan yang ter-PHK. Manfaatkan kondisi ini untuk menambah nilai diri kamu sebagai karyawan.

Tingkatkan Nilai Tabunganmu

Masalah terbesar ketika menghadapi PHK adalah jika kamu menjadi korban PHK maka kamu akan kehilangan sumber pendapatan. Sementara itu, kamu belum tahu kapan akan mendapatkan pekerjaan baru. Jadi, untuk meminimalisir kekhawatiran ini, pastikan kamu memiliki tabungan yang mencukupi.

Ketika isu PHK mulai merebak di perusahaan, mulailah untuk mengurangi pengeluaran keseharian. Kamu juga bisa mulai mengambil pekerjaan sampingan agar tabungan kamu tidak terganggu ketika harus menghadapi PHK dari perusahaan.

Mulai Bangun Jaringan di Luar Jam Kerja

Ketika sedang ada musim PHK di perusahaan dan posisi kamu terancam, sebaiknya kamu mulai merencanakan masa depan. Kamu bisa mulai mencari lowongan pekerjaan baru setelah jam kerja berakhir. Bangun kembali juga jaringan dengan dunia luar, termasuk dengan kenalan-kenalan lama.

Dengan membangun komunikasi jaringan, kamu bisa mencari tahu informasi posisi lowong di perusahaan mereka. Sehingga kamu memiliki opsi pindah tempat kerja sebelum ter-PHK.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here