Santuy, Ini Tips Mudah Menghadapi Rekan Kerja yang Sok Tahu

Di kantor, kamu pasti berinteraksi dengan rekan kerja yang punya sikap, sifat dan karakter yang berbeda. Salah satunya, rekan kerja yang sok tahu.

Rekan kerja yang sok tahu biasanya merasa dirinya sudah punya pengalaman yang banyak. Ia juga merasa lebih berwenang dan memiliki jawaban dari semua pertanyaan. Di sisi lain, rekan kerja yang seperti ini tidak terbuka pada ide dan pendapat orang lain.

Kalau salah satu rekan kerjamu sok tahu, berikut ini beberapa cara untuk menghadapinya.

Berempati pada Rekan Kerja yang Sok Tahu

Saat menghadapi rekan kerja yang sok tahu, sebaiknya kamu tidak lekas marah. Pasalnya, selalu ada penyebab mengapa rekan kerjamu bersikap seperti itu. Mungkin ia menjadi sok tahu karena latar belakang pribadi atau keluarga.

Atau, mungkin juga karena ia tidak mendapatkan kepuasan di tempat kerjanya sekarang, atau karena alasan lainnya. Oleh karenanya, cobalah untuk bersikap empati dengan bersabar dan bukannya marah-marah.

Tidak Berpanjang Lebar Saat Berbicara

Orang yang sok tahu umumnya gemar memberikan saran dan pendapat, meskipun saran atau pendapat tersebut tidak tepat. Kalau kamu tidak ingin waktumu terbuang percuma, terimalah saran atau pendapatnya. Sesudahnya, ucapkan terima kasih.

Namun, cobalah untuk menghindari percakapan yang panjang dengannya. Pasalnya orang yang sok tahu umumnya selalu ingin didengar. Di sisi lain, ia tidak menyadari jika waktu bisa terbuang percuma karenanya.

Baca Juga: Cegah Konflik, Hindari Ini agar Tidak Ada Miskomunikasi di Kantor

Memberikan Teladan

Cobalah untuk terbuka pada rekan kerja yang lain dengan menerima ide atau pendapat mereka. Dengan begini, rekan kerjamu akan mengetahui bahwa kamu adalah orang mau menerima pendapat orang lain.

Untuk menghadapi rekan kerja yang sok tahu, kamu juga harus punya banyak informasi. Tidak hanya itu, informasi yang dimiliki juga harus akurat dan ter-update. Dengan begini, kamu bisa mempertahankan pendapatmu.

Di sisi lain, kamu juga tahu apa yang menyebabkan pendapat rekan kerja lain tidak tepat. Salah satu caranya yaitu dengan menanyakan hal-hal yang lebih detail tentang pekerjaan.

Mengingatkan Rekan Kerja

Ada kalanya rekan kerja yang sok tahu membuat suasana kerja menjadi tidak nyaman. Kalau sudah begini, maka saatnya kamu berbicara dengannya. Namun, cobalah untuk mengajaknya berbicara empat mata. Jika perlu, lakukan pembicaraan di luar kantor. Pasalnya, orang yang sok tahu umumnya merasa insecure.

Saat berbicara empat mata, sampaikan padanya bahwa pendapat dari rekan kerja lain tetap harus didengar. Lebih dari itu, pendapat mereka mungkin ada benarnya. Selain itu, sampaikan pula bahwa penting artinya bagi orang lain untuk mengemukakan pendapatnya. Karena dengan begitu mereka merasa dihargai.

Jika setelah berbicara dengannya ia juga masih sok tahu, maka sudah saatnya kamu berbicara dengan atasan atau HRD perihal hal ini. Apalagi jika sikap rekan kerja yang sok tahu mengancam kelangsungan kariermu, atau kelangsungan karier rekan kerja lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here