Tips Menghadapi Rekan Kerja yang Doyan Mengobrol Saat Bekerja

Mengobrol saat bekerja sebenarnya tidak baik jika terus dilakukan. Namun, ada kalanya juga ya susah sekali menghindari momen diajak mengobrol oleh rekan kerja. Kalau kamu merasa terganggu karena kebiasaan teman yang suka mengobrol saat bekerja, coba deh hadapi dengan cara berikut ini.

Hindari Mengobrol Saat Bekerja dengan Pasang Headphone di Telinga

Bingung bagaimana cara menolak ajakan rekan kerja untuk mengobrol? Cara paling mudah adalah memasang headphone di telinga saat kamu sedang bekerja. Hal ini bisa menjadi “kode” kalau kamu sedang tidak mau diganggu dan fokus bekerja saja.

Namun, hati-hati juga dalam menggunakan headphone ya. Jangan sampai kamu terlalu asyik larut dengan pekerjaan dan musik sehingga tidak peka saat atasan mengajak berbicara. Pastikan hal ini hanya sebagai “senjata” buat menghadapi rekan kerja yang doyan mengobrol.

Kalau Makin Tak Nyaman, Tidak Ada Salahnya Mengingatkan Rekan Kerja untuk Diam

Sayangnya, tidak semua orang bisa peka pada penggunaan headphone. Bisa jadi nih rekan kerja kamu tetap saja menyerocos berbicara meski jelas-jelas kamu sedang diam dan fokus bekerja. Nah, kalau sudah tidak bisa kamu beri “kode”, sudah waktunya kamu berbicara tegas.

Katakan saja dengan jujur bahwa kamu agak terganggu jika harus meladeni obrolan rekan kerjamu. Jelaskan kalau kamu butuh fokus bekerja daripada sekadar mengobrol saat bekerja. Dengan pemilihan kata yang tepat dan tegas, rekan kerjamu pasti dapat mengerti kok.

Baca Juga: Jangan Kaget, Ini 5 Hal yang akan Dihadapi Millennial Ketika Bekerja Pertama Kali

Gunakan Ruangan Sepi agar Terhindar dari Mengobrol Saat Bekerja

Kalau kamu sudah paham pada jam berapa saja biasanya rekan kerjamu mulai berisik, ada baiknya kamu menghindari hal tersebut. Salah satu caranya adalah dengan berpindah tempat kerja lebih nyaman. Pilihlah ruangan yang sepi dan membuat kamu lebih konsentrasi bekerja.

Saat kamu melakukan hal ini, lama-kelamaan rekan kerjamu juga akan paham kok. Dia pasti akan menyadari bahwa di waktu-waktu tertentu kamu enggan bekerja berdekatan dengannya. Ini adalah salah satu “kode” halus yang bisa kamu coba lakukan.

Konsultasikan Kebiasaan Rekanmu yang Mengobrol Saat Bekerja ke Atasan

Ketika semua cara untuk menghindari rekan kerjamu yang doyan mengobrol saat bekerja tak membuahkan hasil, maka pergilah ke atasanmu. Ceritakanlah masalah yang kamu hadapi selama ini. Teguran atasan tentu akan jauh lebih ampuh daripada sekadar “kode” atau teguran darimu.

Percayalah atasanmu juga tidak akan tinggal diam karena kegiatan mengobrol dapat menurunkan produktivitas kerja. Selain itu, pekerjaan karyawan juga menjadi tidak efisien. Oleh sebab itu, berkonsultasilah ke atasan saat kamu benar-benar sudah tak bisa menghadapi rekan kerjamu.

Demi kelancaran kerjamu dalam satu hari, usahakan untuk menghindari kegiatan mengobrol saat bekerja secara berlebihan. Tolak godaan itu dengan cara-cara tadi ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here