Ingin Menghilangkan Memar di Tubuh? Lakukan Cara Ini agar Cepat Hilang

memar

Semua orang pasti pernah mengalami memar atau lebam akibat terbentur. Sehingga, meninggalkan sebuah tanda biru yang dapat hilang dalam beberapa hari. Hal ini disebabkan, sibuk dengan banyak kegiatan sehari-hari, yang terkadang tak disadari telah mengalami benturan. Seperti lutut terbentur meja, pinggul menghantam lemari, dan kecelakaan kecil lainnya yang menyebabkan kulit membiru. Dr Dana Nader, MD, Direktur Medis Regional untuk MedExpress menjelaskan, memar terjadi akibat darah yang mengalir keluar dari pembuluh darah kecil di bawah kulit. Sehingga membuat sebuah tanda berupa noda gelap kebiruan.

Baca Juga: 5 Bahan Alami untuk Menyembuhkan dan Menghilangkan Bekas Luka Bakar

Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Lebam

Nader mengatakan, ketika Anda terbentur sesuatu, secepat mungkin Anda harus bertindak gegas. Caranya, letakkan sekantong es batu, lalu kompres di area yang terbentur untuk mengurangi pembengkakan. Dengan menggunakan metode kompres dingin akan menahan pembuluh darah, sehingga dapat memperlambat aliran yang bisa mengurangi warna memar. Lakukan proses ini selama 10 menit, kemudian beri jeda 20 menit, dan lakukan lagi.

“Jika bengkaknya sudah hilang, Anda bisa menggunakan kompres hangat–yang memiliki efek kebalikan dari kompres dingin,” ujar Dr Nader. “Pada tahap ini, suhu hangat akan meningkatkan aliran darah di area, membuatnya tidak menumpuk di satu tempat.”

Nader menegaskan untuk tidak menekan lebam tersebut, atau mengeluarkan darah hitam yang ada dibawah kulit. Hal ini tidak memberikan dampak apapun, justru akan membuat Anda semakin tersiksa dan sakit. Biasanya memar akan hilang kurang lebih lima sampai tujuh hari. Jika Anda sering mengalami memar tanpa sebab, hal ini bisa saja karena Anda kekurangan vitamin C. Cukupi kebutuhan vitamin C dengan mengonsumsi makanan alami, hal ini dapat memperkuat dinding pembuluh darah sehingga mengurangi pembentukan memar.

Namun, apabila rasa sakit tersebut tak kunjung hilang, segera temui dokter. Hal ini bisa jadi Anda memiliki luka dalam. Anda juga perlu berkonsultasi kepada dokter, jika terus mengalami memar tanpa tahu sebabnya. Hal ini bisa jadi pertanda bahwa ada sesuatu yang lebih serius dalam diri Anda.