Ingin Beli Rumah? Ini Kiat Menghindari Cicilan KPR yang Tinggi

Memiliki rumah tentu menjadi dambaan setiap keluarga muda. Tapi, besarnya cicilan KPR yang tinggi sering membuat impian itu sulit terwujud. Nah, sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar cicilan KPR tidak menjadi kendala untuk memiliki rumah.

Cicilan KPR umumnya diberikan oleh pihak bank. Untuk itu, selain memilih rumah dan lokasinya, ada baiknya kamu mencari informasi sebanyak-banyaknya soal bank yang memberikan fasilitas KPR. Sehingga, kamu bisa mengetahui keunggulan dan kekurangan dari masing-masing produk KPR.

Setelah menemukan bank yang tepat, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

Kenali Metode Perhitungan Bunga

Bank menggunakan tiga jenis perhitungan bunga. Yaitu, annual (tahunan), fixed (tetap) dan bunga efektif. Umumnya, dalam pemberian fasilitas KPR, bank menggunakan perhitungan bunga annual. Hal ini untuk memudahkan nasabah dalam menghitung cicilannya.

Sedangkan untuk besar bunganya sendiri dikenal dua jenis bunga. Yaitu, flat/fixed rate (bunga tetap) dan floating rate (bunga mengambang). Untuk bunga mengambang, besarnya mengikuti suku bunga Bank Indonesia (BI). Bank pemberi fasilitas KPR bisa menggunakan salah satu dari dua jenis bunga tersebut atau menggunakan keduanya.

Baca Juga: Ingin Menghitung Bunga Pinjaman? Mudah Kok Caranya

Semisal, agar produk KPR Bank ABC menarik, Bank ABC menetapkan bunga flat 8 persen per tahun selama 60 bulan. Di bulan ke-61, nasabah dikenakan bunga mengambang yang besarnya bisa lebih besar dari 8 persen.

Bank ABC juga bisa melakukan promosi untuk lebih menarik minat nasabah. Semisal, memperpanjang masa promosi dengan memperpanjang penetapan bunga flat. Selain itu, bisa pula dengan menetapkan bunga mengambang namun dengan batas maksimal.

Semisal, bunga mengambang maksimal 11 persen p.a. Bagaimana jika masa promo berakhir? Jika masa promo berakhir, maka nasabah harus membayar cicilannya dengan bunga mengambang yang besarnya bisa lebih besar dari 11 persen.

Lakukan Simulasi Pembayaran Cicilan KPR

Setelah menemukan bank yang tepat untuk menjadi nasabah KPR, maka kamu bisa melakukan simulasi pembayaran cicilan KPR. Mintalah pada pihak bank untuk melakukan simulasi ini. Lebih dari itu, mintalah perhitungan seluruhnya, alias mintalah perhitungan hingga kamu menyelesaikan cicilan.

Dengan mengetahui nominalnya, kamu jadi tahu kemampuan finansialmu yang sebenarnya dalam membayar dalam jangka panjang. Selain itu, kamu tentunya jadi tahu tahu berapa nominal yang harus kamu keluarkan untuk cicilan setiap bulannya.

Memindahkan Cicilan KPR yang Tinggi ke Bank Lain

Bagaimana kalau kamu sudah melakukan akad kredit tapi karena bunga mengambang, di tengah jalan kamu harus membayar cicilan KPR yang jumlahnya besar? Untuk ini, kamu bisa meminta cicilan dipindahkan ke bank lain. Namun, sebelumnya pastikan bank tujuan memberikan bunga yang terjangkau.

Atau, kamu bisa memilih bank yang memberikan bunga flat dalam jangka waktu yang cukup lama. Saat melakukan pemindahan ini kamu juga bisa meminta pengurangan tenor pembayaran. Semisal, dari masa pembayaran 20 tahun menjadi 15 tahun.

Dengan mendapatkan cicilan KPR yang murah tentunya kamu bisa mengalokasikan danamu untuk keperluan lainnya. Sehingga kamu memiliki kondisi keuangan yang sehat hingga masa pembayaran berakhir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here