Lelah Meeting Online? Lakukan Cara Ini untuk Mengatasinya!

Lelah meeting online pasti banyak dialami karyawan, terlebih ketika work from home (WFH) sering diberlakukan. Jenis kelelahannya pun beragam, mulai dari lelah mata, lelah punggung, hingga lelah pikiran. Hal-hal tersebut pasti juga pernah kamu rasakan bukan?

Berikut beberapa tips untuk mengatasi lelah meeting online selama WFH. Bisa jadi kamu butuh mengurangi durasi atau media meeting dulu untuk mengalihkan rasa lelah. Simak ulasan ini ya!

Mengurangi Durasi Meeting

Coba cek kembali, berapa lama durasi meeting yang selama ini kamu lakukan? Lelah meeting online bisa terjadi karena waktunya yang terlalu lama. Apalagi jika harus saling menunggu kehadiran anggota tim yang kadang tidak tepat waktu.

Terlalu lama menatap layar laptop atau komputer memang tidak baik untuk kesehatan. Sebisa mungkin buat kesepakatan dengan anggota tim untuk mengurangi durasi meeting agar lebih efektif. Fokus pada tujuan meeting dan hindari membahas hal-hal di luar topik.

Alihkan ke Panggilan Telepon

Jika sudah benar-benar lelah meeting online, cobalah alihkan ke media lain untuk berdiskusi. Misalnya, pindahkan meeting kecil ke telepon untuk menghindari kelelahan. Selain lebih praktis, durasi meeting pun bisa lebih pendek.

Jangan memaksakan diri meeting dengan media video terus jika memang tidak memungkinkan. Ada kalanya diskusi juga bisa lebih efektif lewat telepon atau berkirim surel. Jadi, pertimbangkan media lain juga untuk meeting ya.

Baca Juga: Harus Meeting Online Saat Work From Home? Ini Etika Video Konferensi

Jauhkan Diri dari Multitasking

Salah satu penyebab lelah meeting online adalah sering multitasking saat meeting. Memang sih, pasti ada kalanya kamu malas-malasan ikut meeting sehingga memilih sekalian mengerjakan hal lain. Namun, melakukan banyak hal bersamaan hanya membuatmu mudah lelah.

Fokuslah pada meeting, entah itu membosankan atau tidak. Pertimbangkan bahwa kamu hanya cukup menyelesaikan meeting dulu agar bisa melakukan hal lain. Ingat ya, multitasking sangat tidak disarankan untuk kamu lakukan karena membuatmu tak produktif.

Disiplin Membuat Jadwal Meeting

Terakhir, rencanakan jadwal meeting dengan baik agar tidak bertabrakan dengan meeting lain. Pasti kamu juga sering mengalami kelelahan karena harus ikut banyak meeting dalam sehari. Padahal, kamu tidak mungkin kan waktu bekerja bekerja hanya dengan meeting saja?

Jadwal meeting sangat penting untuk menghindari kelelahan tersebut. Diskusikan dengan rekan-rekan kerja jika dalam sehari kamu sudah cukup banyak ikut meeting. Lagipula, memaksakan diri ikut meeting saat lelah juga sia-sia juga kok.

Semoga tips di atas dapat membantumu mengatasi lelah saat meeting online. Tetap semangat dan produktif meski harus WFH berbulan-bulan ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here