Menghindari Menunda Pekerjaan Saat WFH, Begini Tips Mudahnya!

Menghindari menunda pekerjaan menjadi hal yang wajib kamu perhatikan selama work from home (WFH). Dengan suasana kerja di rumah yang cenderung lebih santai, tanpa sadar kamu sering kali menunda pekerjaan. Kalau tidak mampu mengatasinya, lama-lama pekerjaanmu menumpuk.

Bagaimana ya caranya menghindari menunda pekerjaan selama di rumah? Berikut kebiasaan sederhana yang bisa membantumu mengubah pola kerjamu lebih baik.

Bangun Lebih Awal Membantu Kamu Menghindari Menunda Pekerjaan

Jangan merasa kamu bisa santai bekerja saat di rumah. Dulu kamu berusaha mati-matian bangun lebih pagi agar tidak terlambat ke kantor. Maka, lanjutkan kebiasaan bangun pagimu saat harus bekerja di rumah.

Sengaja menunda atau mengulur-ulur waktu bangun pagi dapat membuatmu malas dan menyebabkan kegiatan lainnya mundur. Tahu-tahu hari sudah semakin siang saja, sementara pekerjaan masih menumpuk. Bukan hanya bingung mau mulai bekerja dari mana, tetapi kamu juga menjadi susah fokus.

Gunakan Waktu Paling Produktif untuk Menghindari Menunda Pekerjaan

Setiap orang punya waktu produktif yang berbeda-beda. Ada jenis orang yang terbiasa bekerja sepagi mungkin agar tidak terbebani lagi saat sore ke atas. Namun, ada juga orang yang lebih nyaman bekerja dari siang hingga menjelang malam.

Memaksimalkan waktu produktif membantu kamu melakukan pekerjaan tepat waktu. Kamu tidak akan mudah tergoda menunda pekerjaan karena sedang on fire untuk bekerja. Jadi, temukanlah dulu waktu yang paling tepat dan nyaman untukmu bekerja.

Baca Juga: Kerja Efektif! Pelajari 4 Teknik Komunikasi Selama Bekerja di Rumah

Buat Rancangan Kegiatan dalam Sehari dan Taati

Rencana kegiatan sangat efektif untuk menghindari menunda pekerjaan. Orang yang terbiasa menunda pekerjaan biasanya tidak memiliki jadwal jelas dalam bekerja. Ketiadaan jadwal kerja serta rasa malas adalah paduan komplit untuk menunda melakukan banyak hal.

Buatlah rancangan kegiatan yang akan kamu lakukan dalam sehari. Rancangan ini mencakup kegiatan rumah tangga, pekerjaan, hingga hiburan. Dengan memiliki rambu-rambu ini, kamu sudah jelas memiliki waktu untuk bekerja dan tidak punya alasan untuk bermalasan.

Menghindari Menunda Pekerjaan dengan Menjauhkan Diri dari Distraksi

Temukan distraksi atau hambatan saat bekerja di rumah. Jenis distraksi tiap-tiap orang tentu berbeda, ada yang gangguan dari orang rumah hingga smartphone. Cari cara untuk membuat dirimu menjauh dari distraksi tersebut selama bekerja.

Jika smartphone adalah distraksi terbesarmu, coba matikan notifikasi media sosial saat kamu bekerja. Andai orang-orang rumah sering menjadi distraksimu, coba beri pengertian kepada anggota keluarga akan pekerjaanmu. Hadapi distraksimu dan temukan solusi agar kamu dapat bekerja lancar.

Semoga tips tadi bisa membantu kamu agar menghindari menunda pekerjaan ya. Semangat bekerja di rumah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here