4 Cara Menghindari Perasaan Cemburu Terhadap Teman Sendiri

Rasa cemburu muncul untuk sebuah alasan, termasuk saat cemburu pada teman sendiri. Menghindari perasaan cemburu tuh susah-susah gampang. Karena bergantung dengan cara pandang kamu terhadap suatu kejadian. Meskipun begitu, rasa cemburu biasanya seringkali disangkal. Karena hal tersebut bisa mengguncang kondisi hubungan pertemananmu.

Tapi, daripada menyangkalnya, lebih baik ikuti cara-cara berikut ini untuk menghindari perasaan cemburu yang kamu rasakan pada teman:

Kenali Perasaanmu Sendiri

Kamu mungkin bisa berpura-pura tersenyum, tapi reaksi ini tidak sepenuhnya membantu menutupi apa yang sebenarnya dirasakan. Ada juga perasaan bersalah karena harus cemburu dengan apa yang dicapai atau dilakukan temanmu.

Ini hal wajar, tapi cara kamu menyikapi perasaan ini menjadi penting untuk diperhatikan. Hal pertama yang perlu dilakukan untuk menghindari perasaan cemburu adalah identifikasi perasaan yang muncul. Jika kamu paham dengan perasaan cemburu yang sedang dirasakan, maka ini akan lebih mudah untuk meninggalkannya atau menenangkannya.

Baca Juga: Duh! Istri Bos Cemburu Berat dengan Kamu, Gimana Menghadapinya?

Fokus pada Diri Sendiri

Kecemburuan biasanya bukan berasal dari apa yang teman kamu lakukan, tetapi dari apa yang tidak kamu lakukan. Jika kamu merasa frustrasi dengan keberhasilan seorang teman, itu mungkin karena kamu frustrasi dengan dirimu sendiri.

Misalnya, seorang teman mendapatkan promosi di tempat kerja, lalu kamu merasa cemburu karena prestasimu tidak seperti dirinya. Solusi untuk menghindari perasaan cemburu adalah jangan sampai kewalahan dengan cemburu tetapi untuk memeriksa apa yang dapat kamu lakukan.

Menghargai dan Bersyukur

Salah satu kunci kebahagiaan seseorang adalah menghargai pencapaian dan bersyukur dengan keadaan yang sudah diperjuangkan. Bukan hanya itu, hal tersebut juga cukup membantu untuk menghindari perasaan cemburu yang mungkin kamu rasakan pada salah satu rekan kerja di kantor.

Ingat ya, kecemburuan berlebih dapat mengusir hal-hal positif yang ada di sekelilingmu secara permanen. Jadi, yuk, perbanyak rasa bersyukur agar kamu tidak lagi termakan rasa cemburu.

Curhat kepada Orang Lain

Mencurahkan isi hati bisa menjadi salah satu ritual yang dilakukan untuk membersihkan penyakit hati yang sulit disembuhkan oleh diri sendiri. Kamu memerlukan setidaknya seseorang yang bisa diajak bicara bahkan tentang perasaan cemburu yang kamu miliki.

Bahkan jika kamu menginginkan strategi untuk dekonstruksi pola pikirmu, pertimbangkan untuk berbicara dengan seorang terapis. Bantuan profesional bisa memberikan masukan dan terapi untuk mengurangi rasa cemburu tersebut menjadi lebih wajar dan tidak berlebihan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here