Tips Mengontrol Keuangan Saat Musim Diskon Akhir Tahun Tiba

Tinggal dua bulan lagi tahun 2019 berakhir. Mengontrol keuangan menjadi hal sangat penting bagi kamu yang agak sulit menolak promo diskon akhir tahun. Kencangkan sabuk kamu dan belajar deh tips mengontrol keuangan berikut agar nggak kalap jelang pergantian tahun nanti.

Demi Mengontrol Keuangan, Cek Barang yang Kamu Miliki sebelum Berbelanja

Info promo mungkin sudah kamu dengar jauh-jauh hari, bahkan mulai sekarang. Sebelum kamu mudah tergiur pada tiap promo, coba cek dulu barang apa saja yang sudah kamu punya. Yakinkan diri kamu dulu, apa iya kamu harus menyerah pada semua promo yang ada?

Kalau barang-barang yang kamu miliki masih cukup banyak dan dirasa tidak terlalu mendesak untuk belanja, ada baiknya urungkan niatmu. Terlalu banyak belanja saat promo justru tanpa sadar adalah hal paling ampuh untuk menguras isi dompet dalam hitungan hari.

Buat Rencana akan Membeli Barang Apa Saja Berdasarkan Kebutuhan

Kalau ada barang-barang yang ternyata kamu butuhkan jelang akhir tahun, ada baiknya kamu buat rencana pembelanjaan. Hal ini sangat membantumu dalam mengontrol keuangan jelang akhir tahun. Kamu menjadi tahu berapa estimasi biaya yang kamu butuhkan dan berbelanja sesuai rambu-rambu yang kamu buat.

Jangan lupa urutkan pembelian barang berdasarkan kebutuhan, bukan keinginan. Kalau masih ada anggaran tersisa, bolehlah kamu menyenangkan diri sendiri untuk beli hal lain. Namun, sebisa mungkin selalu utamakan kebutuhan daripada keinginan ya.

Estimasi Dulu Berapa Biaya yang Kamu Perlukan

Daftar rencana barang yang akan kamu beli dapat memudahkanmu membuat estimasi biayanya. Pastikan kamu persiapkan dana sesuai dengan rencana biaya tersebut. Dengan begitu, kamu lebih mudah mengontrol keuangan.

Usahakan pembelanjaan kamu tidak melebihi anggaran tersebut. Akan jauh lebih baik kalau bisa sisa. Hal ini melatihmu untuk lebih disiplin dan berkomitmen dalam berbelanja loh.

Baca Juga: 5 Langkah Memakai Uang THR Supaya Gak Auto Ludes

Mengontrol Keuangan Berarti Mempertimbangkan Fungsi Barang Sebenar-benarnya

Saat sudah tiba hari H untuk berbelanja, cobalah renungkan kembali fungsi dari barang yang akan kamu beli. Benarkah barang-barang tersebut kamu butuhkan sekarang? Berpikir ulang saat berbelanja kadang bisa membantumu lebih bijak dalam menggunakan uang loh.

Pertimbangkan pula jumlah barang yang kamu beli. Jangan sampai nih kamu tergiur promo hingga berbelanja lebih dari kebutuhan. Intinya, kembalilah pada fungsi barang tersebut, bukan terbawa emosi belanja sesaat.

Menahan Diri dari Belanja Online adalah Langkah Bagus untuk Mengontrol Keuangan

Selain promo offline, tidak jarang juga muncul banjir promo online jelang akhir tahun. Percaya atau nggak percaya, kadang promo online bisa lebih mudah membuatmu kalap dalam belanja. Oleh sebab itu, tahanlah diri untuk tidak belanja online secara berlebihan.

Apalagi tidak semua barang benar-benar kamu butuhkan saat ada promo online. Berbelanja offline dapat memberikan waktu untuk kamu berpikir panjang sebelum memutuskan mengeluarkan uang. Sementara, berbelanja online terlalu mudah menggoyahkanmu untuk segera membelanjakan uang.

Siap-siap ya mengontrol keuangan jelang akhir tahun ini! Jangan sampai nih bonus akhir tahun justru bisa habis untuk belanja saja. Sayang banget kan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here