3 Cara Profesional untuk Mengoreksi Kesalahan Rekan Kerja

Tidak semua hal terlihat mudah saat kamu ingin mengoreksi kesalahan rekan kerja. Masalah yang mereka buat akan menjadi bumerang bagi kelangsungan seluruh anggota tim, tapi untuk mengatakan hal tersebut akan sangat sulit dilakukan.

Namun mengabaikan kesalahan rekan kerja juga bukan pilihan yang bijak karena bisa merugikan dirinya sendiri, tim, juga perusahaan. Lantas bagaimana cara terbaik untuk mengoreksi kesalahan rekan kerja tanpa melukai perasaannya?

Ini perlu dipikirkan dengan sangat hati-hati, sebab jika kamu melakukan penyampaian yang salah bisa saja mereka merasa demotivasi karena hal tersebut.

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa dipelajari saat kamu harus mengoreksi kesalahan rekan kerja:

Meminta Rekan Kerja Memeriksa Kembali Pekerjaannya

Saat kamu menyadari jika rekan kerjamu membuat kekacauan dengan laporannya, jadilah rekan yang bijak. Berhenti mengatakan jika dia salah dan mengacaukan segalanya. Sebaliknya, koreksi dengan sedikit kelembutan.

Kamu harus memahami rekan kerjamu sudah sangat terpukul dengan kekacauan yang dilakukannya. Jadi, kamu jangan menambah rasa bersalahnya dengan terus menyalahkannya.

Baca Juga: 5 Kesalahan di Pekerjaan Pertama yang Sering Dilakukan Fresh Graduate

Namun sebagai rekan kerja yang baik, sebaiknya kamu katakan jika dia harus memeriksa ulang pekerjaan tersebut. Ajaklah untuk mendiskusikannya jika itu menyulitkannya.

Coba Posisikan Dirimu dalam Posisinya

Cara lain untuk mengoreksi kesalahan rekan kerja yaitu dengan memposisikan dirimu sebagai dia. Katakan jika kamu juga pernah mengalami hal serupa, dan itu memang sangat berat tapi bisa dihadapi dengan baik.

Meskipun kamu hanya berpura-pura dengan cerita tersebut, tapi ini cukup membantu karena memberikan motivasi yang berarti. Rekan kerjam tidak akan kehilangan rasa percaya diri, dan akan berusaha lebih keras untuk memerbaiki kekacauan yang sudah dilakukannya

Tawarkan Bantuan untuk Memerbaiki Kesalahannya

Cara ketiga adalah dengan menawarkan bantuan kepada rekan kerja yang tengah bermasalah. Hal ini mungkin terdengar seperti cara yang paling bijak dan membantu.

Kamu bisa menanyakan apakah ada yang bisa kamu lakukan untuk membuat pekerjaan tersebut lebih mudah dikerjakannya. Katakan jika tawaran ini bukan untuk mengecilkannya, tapi dengan harapan semua masalah bisa diselesaikan tanpa merugikan pihak mana pun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here