Dari Kantor ke Work From Home, Tips Mudah Mengubah Cara Kerja

Pandemik Corona memaksa banyak karyawan harus work from home, alias, bekerja dari rumah. Untuk itu, diperlukan upaya mengubah cara kerja agar produktivitas dan kualitas pekerjaan tetap terjaga.

Perubahan lokasi dan cara kerja seringkali membuat karyawan kelabakan. Akibatnya timbul ketidaknyamanan dalam bekerja. Kalau sudah begini, kualitas hasil kerja bisa menurun. Akibat lainnya, deadline sering terlewatkan.

Agar target atau tujuan jangka panjang tetap tercapai, kamu harus merubah cara kerja jika terpaksa harus bekerja dari rumah. Untuk itu, beberapa tips ini bisa kamu terapkan.

Mengubah Cara Berkomunikasi Saat Kerja dari Rumah

Komunikasi sangat diperlukan untuk bisa menyelesaikan pekerjaan. Di kantor tentu kamu bisa dengan mudah melakukannya. Hal ini karena adanya kedekatan area kerja, fasilitas sambungan telepon atau komputer yang terkoneksi. Selain itu, kamu juga bisa berkomunikasi saat makan siang.

Namun, hal ini tidak bisa kamu lakukan lagi di rumah. Untuk itu, kamu harus mengubah cara berkomunikasi saat kerja dari rumah. Caranya dengan menjaga frekuensi komunikasi. Cobalah untuk melakukan panggilan telepon atau video conference sebelum memulai pekerjaan, atau pada sore hari saat pekerjaan sudah diselesaikan. Dengan begini, komunikasi dan koordinasi akan tetap terjalin.

Baca Juga: Wajib Tahu! Budaya Kerja Jerman yang Patut Ditiru Pekerja Profesional

Beradaptasi dengan Jadwal Kerja Baru

Kebijakan bekerja dari rumah berlaku untuk hampir semua karyawan, di hampir semua posisi. Karenanya, cobalah untuk beradaptasi. Terutama beradaptasi dengan jadwal karyawan di lini terdepan.

Pasalnya, karyawan di posisi inilah yang berinteraksi untuk menawarkan, menjual atau menghantarkan produk/jasa pada konsumen. Dengan beradaptasi, kamu bisa tetap menjaga kualitas produk/jasa tanpa mengurangi kualitas layanan.

Menjaga Mood dan Motivasi Kerja

Ambience atau suasana bekerja di kantor dan di rumah tentu berbeda. Kalau di kantor kamu bisa langsung bersemangat kerja setelah memasuki ruangan kerja, maka di rumah ceritanya bisa berbeda. Di rumah kamu tidak akan menemukan area-area kerja, kesibukan rekan kerja atau fasilitas kerja. Karenanya, penting artinya untuk menjaga mood dan motivasi kerja. Sehingga upaya kamu untuk mengbah cara kerja bisa berhasil.

Salah satu caranya dengan menciptakan area kerja di rumah. Gunakan area ini hanya untuk bekerja. Kalau perlu, tempatkan perlengkapan bekerja di area tersebut. Semisal, komputer, printer atau mesin fax. Selain itu, jadikan area ini senyaman mungkin agar kamu bisa bekerja dengan baik.

Saat berada di area kerja, ada baiknya kamu juga berpakaian sesuai dengan keperluannya. Setidaknya, jangan memakai piyama atau baju tidur lainnya di area kerja.

Jangan Merasa Terisolasi

Bekerja dari rumah juga berarti bekerja seorang diri. Namun, hindari merasa terisolasi. Kamu masih bisa tetap berkomunikasi dengan rekan kerja menggunakan peralatan dan teknologi yang ada. Dalam hal ini, kamu dan rekan kerja tidak hanya bisa membicarakan pekerjaan saja lho.

Hal-hal lain yang biasanya kamu perbincangkan di kantor tetap bisa dijadikan topik pembicaraan. Kamu juga tetap masih bisa bercanda dengan rekan kerja.

Meski terpaksa, kamu harus merubah cara kerja jika ingin bekerja dari rumah. Namun, dengan memperhatikan beberapa hal di atas, semangat kerja dan kualitas hasil kerja diharapkan akan tetap terjaga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here