Inilah 6 Cara Sederhana untuk Meningkatkan Keterampilan Presentasi

Setiap orang memiliki kepercayaan diri masing-masing. Ada yang percaya diri, dan ada juga yang pemalu. Bagi mereka yang memiliki percaya tinggi yang besar, momen melakukan presentasi bukan hal besar. Sebaliknya, keterampilan presentasi yang baik sangat dibutuhkan mereka yang kurang percaya diri.

Apakah kamu salah satu yang mudah gugup hingga keringat dingin saat melakukan presentasi kerja? Nah, sudah saatnya kamu mengasah keterampilan presentasi agar lebih lancar memaparkan ide dan pendapatmu di depan umum.

Berikut 6 trik cerdas untuk meningkatkan keterampilan presentasi yang bisa kamu aplikasikan:

Jadi Diri Sendiri

Menyampaikan ini pesan materi yang baik merupakan kunci kesuksesan dari presentasi yang hebat. Entah itu kamu membagikan ide-ide yang cemerlang, membuat sesuatu yang beda dari biasanya, semua itu tergantung bagaimana cara menyampaikannya.

Presentasi yang baik adalah menunjukkan sifat atau emosi asli dari dirimu. Maka, daripada kamu berusaha untuk percaya diri padahal tidak sama sekali, cobalah untuk membagikan bagaimana perasaanmu yang sebenarnya. Kamu bisa berkata jujur usai selesai presentasi mengenai kegugupanmu. Semua orang yang pernah ada pada posisi tersebut, mereka dapat bagaimana keseriusannya itu.

Tambahkan Sedikit Lelucon

Untuk membuat orang tertarik, kamu harus menambahkan sedikit lelucon jenaka. Ibaratnya kamu sedang melakukan stand up komedi, namun dengan gaya sedang berpresentasi. Jika umumnya stand up komedi membahas keresahan yang ada di sekitar, maka kamu bisa membahas materi presentasi.

Untuk memastikan leluconmu masih searah dengan materi, kamu harus rajin-rajin membaca, menonton, atau mendengar cerita lucu. Sehingga kamu bisa merasa yakin bahwa materi bisa tersampaikan dengan baik, begitu pula lelucon-lelucon yang dilontarkan.

Baca Juga: Gunakan Trik Ini agar Presentasi di Kantor Tidak Membosankan

Ubah Presentasi menjadi Sesi Percakapan

Biasanya presentasi memakan waktu yang cukup lama, sehingga seringkali membuat orang-orang merasa bosan dalam waktu yang cukup lama. Supaya presentasi tetap berjalan semestinya, kamu bisa membuat presentasi tersebut menjadi percakapan dua arah.

Keterampilan presentasi ini menjadi trik untuk menutupi kegugupan saat presentasi,dan mencairkan suasana menjadi lebih aktif. Mintalah pendapat dari rekan kerja, klien, atasan, dan usahakan agar mereka terlibat dalam presentasi tersebut.

Jaga Kondisi Tubuh untuk Tetap Fit

Satu hal yang perlu diingat, ketika kamu ditunjuk untuk melakukan presentasi ada baiknya kamu sudah makan atau sarapan terlebih dahulu. Ketika berbicara di depan umum, kamu harus siap secara mental dan fisik. Hal ini dikarenakan, tubuh membutuhkan jumlah nutrisi yang tepat untuk berfungsi pada kapasitas optimalnya.

Jika kamu tidak mengisi perut dengan asupan gizi, maka kamu dapat pingsan karena kelaparan. Jangan sampai kamu menghancurkan momen sekali dalam hidupmu. Jika kamu tidak ingin makan terlalu kenyang sebelum presentasi, cobalah untuk makan pisang atau oatmeal.

Hindari Stres

Ketika berada di bawah tekanan, tubuh akan mengeluarkan banyak hormon kortisol yang dapat menghalangi kemampuan untuk memproses informasi yang kompleks.

Maka dari itu, sangatlah penting untuk menghindari perasaan stres sebelum melakukan presentasi. Bagaimana caranya? Caranya adalah melakukan serangkaian olahraga, seperti jalan kaki, berenang, atau naik sepeda.

Sering Berlatih Presentasi

Cara meningkatkan keterampilan presentasi yang terakhir adalah latihan. Caranya, baca ulang setiap poin penting, buatlah tetap singkat dan jelas. Sebelum presentasi dimulai, kamu bisa melakukannya terlebih dahulu di depan kaca.

Hal ini dapat mengurangi rasa gugup saat presentasi nanti. Atau meminta beberapa teman pada jam istirahat untuk berpura-pura menjadi klien atau atasan. Setelah selesai mempraktikannya, kamu bisa menanyakan pendapat kepada mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here