Tips Meningkatkan Loyalitas Pekerja Lepas Perusahaan

Berbeda dengan karyawan tetap, pekerja lepas tidak memiliki keterikatan dengan perusahaan. Kalaupun ada, umumnya keterikatan itu berlangsung dalam jangka pendek. Karenanya, penting artinya bagi perusahaan untuk menjaga loyalitas para pekerja lepas yang dimilikinya.

Pekerja lepas juga dikenal dengan istilah freelancer. Seperti yang diketahui, mempekerjakan freelancer mendatangkan beberapa keuntungan. Di antaranya, menghemat biaya gaji dan biaya operasional, mendapatkan tenaga berkemampuan khusus untuk jangka pendek, dan lain-lain.

Di sisi lain, merekrut freelancer tentu membutuhkan biaya. Belum lagi waktu yang disediakan untuk saling beradaptasi dan berbagi informasi. Hal ini dibutuhkan jika perusahaan ingin pekerjaan yang dipercayakan pada para freelancer bisa diselesaikan dengan baik.

Karenanya, perusahaan sebaiknya menjaga loyalitas freelancer seperti halnya menjaga loyalitas karyawan tetap yang dimilikinya. Hal ini bisa dilakukan dengan beberapa cara, yaitu,

Menyediakan Benefit

Benefit umumnya hanya didapatkan oleh karyawan tetap. Besarnya benefit juga dibicarakan saat perekrutan karyawan tetap. Namun, tidak ada salahnya jika kamu memberikan benefit pada para freelancer. Semisal, menyediakan asuransi perjalanan, biaya membership pusat kebugaran dan biaya perjalanan ke kantor. Selain itu, benefit juga bisa berbentuk biaya pelatihan.

Meskipun nilainya tidak sama dengan benefit yang diberikan pada karyawan tetap, dan sifatnya tidak permanen, hal ini diharapkan bisa meningkatkan loyalitas freelancer yang dimiliki.

Baca Juga: Employee Recognition: Selain Bonus, Karyawan Juga Butuh Pengakuan

Memberikan Bonus untuk Mempertahankan Loyalitas Pekerja Lepas

Bukan hanya meningkatkan loyalitas freelancer, pemberian bonus juga bisa meningkatkan motivasi dan produktivitas. Selain itu, bonus memacu para freelancer untuk bersaing secara sehat. Dengan begini, kamu bisa mengetahui kemampuan sesungguhnya dari para freelancer yang dimiliki.

Kamu bisa menentukan besar bonus sesuai dengan beban pekerjaan atau kualitas pekerjaan yang didapatkan. Bonus juga bisa diberikan secara berkala. Semisal, setiap kali pekerjaan selesai dilakukan, setiap bulan sekali atau setahun sekali.

Menyediakan Bayaran yang Berjenjang

Bagi karyawan tetap, jabatan atau posisi kerja mencerminkan karier yang dimiliki. Semakin tinggi jabatan yang ditempati, semakin baik karier yang dijalani.

Namun, bagaimana dengan freelancer? Untuk meningkatkan loyalitasnya, kamu bisa menyediakan pekerjaan dengan tingkat kesulitan dan tanggung jawab yang berjenjang. Semakin tinggi tingkat kesulitan dan tanggung jawab yang diberikan, semakin besar bayaran yang bisa didapatkan oleh freelancer.

Tidak adanya keterikatan yang tetap antara freelancer dan perusahaan menyebabkan tingkat loyalitas freelancer sangat rendah. Karena itu, freelancer sangat mudah pindah ke perusahaan lain.

Namun, beberapa hal di atas bisa kamu terapkan jika ingin meningkatkan loyalitas freelancer atu pekerja lepas yang dimiliki. Jika loyalitasnya terjaga, kamu tidak perlu khawatir para pekerja lepas tersebut pindah ke perusahaan lain. Paling tidak, kamu bisa menjaga kualitas pekerjaan yang dihasilkannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here