Nih, Intip 4 Tips menjadi Food Blogger yang Sukses

Hobi makan atau memasak bukan lagi sekedar hobi biasa. Di zaman serba digital, hobi tersebut bisa menjadi hobi yang menyenangkan dan menguntungkan. Misalnya, sebagai modal sebagai food blogger, yakni melakukan ulasan tentang makanan.

Jika kamu menekuninya dengan serius, bukan tak mungkin jika hobi ini bisa menghasilkan pendapatan tambahan  yang cukup menjanjikan. Selain menuliskan tentang ulasan makanan, kamu yang senang memasak bisa membagikan resep-resep andalanmu.

Namun kecintaan dan kemampuan memasak saja tidak cukup untuk menjadi food blogger yang sukses. Ada beberapa strategi dan pemahaman untuk menarik pengunjung blog. Berikut beberapa tips sukses yang bisa kamu pelajari sebelum memutuskan untuk menjadi seorang food blogger:

Memilih Tema yang Tepat

Ada banyak blog tentang makanan di internet, tantangan kamu adalah bagaimana membuat blog milikmu menarik untuk dibaca para pengunjung. Pemilihan tema menjadi penting untuk membangun image blog.

Jika tema yang dipilih terlalu umum, maka sulit bagi pengunjung untuk melihat keunikan dari blog tersebut. Namun jika kamu memilih tema yang terlalu spesifik tapi tidak terlalu umum, maka pastikan jika kamu bisa menarik minat penelusur blog dengan baik.

Baca Juga: Makanan Beku, Alternatif Bisnis di Masa Pandemi Corona

Konsisten Mengunggah Ulasan

Hal terpenting yang harus dipahami adalah konsisten dalam mengunggah ulasan atau resep. Ini adalah tips dasar yang digunakan untuk menarik pembaca dan membangun pola pada blog milikmu.

Jika unggahan ulasan atau resep tidak diunggah secara reguler dan konsisten, maka blog tersebut tidak memiliki identitas yang kuat sehingga sulit untuk mendapatkan pembaca setia.

Gunakan Foto yang Menarik

Selain tulisan yang menarik pada ulasan atau unggahan resep andalanmu, tampilan foto yang digunakan juga sangat berpengaruh. Pertama-tama orang akan tertarik secara visual lebih dulu, kemudian baru melirik isi blog tersebut.

Jadi tulisan yang bagus tidak cukup untuk membuat blog kamu ramai pengunjung. Untuk menjadi food blogger yang sukses, menampilkan foto yang menarik dan artisitik sangat penting.

Jangan Lupa Promosikan Blog

Selain kemampuan dalam menulis ulasan, berbagai resep, visualisasi, dan kemampuan teknik lainnya, ada satu hal yang tidak boleh kamu lupakan, yaitu promosi. Poin keempat ini sangat penting karena berkaitan dengan seberapa populer blog kamu di antara ratusan blog lain.

Mempromosikan blog berarti menjalin jaringan dengan blogger lain, memperluas ke berbagai platform dan memastikan blog kamu dioptimalkan untuk mesin telusur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here