Pastikan Kamu Memiliki Ini Kalau Ingin Jadi HRD yang Tangguh

Seperti juga karyawan di bagian atau departemen lain, HRD harus memiliki ketangguhan dalam menjalankan fungsi-fungsinya. Untuk itu ada beberapa hal yang harus dimiliki jika ingin menjadi HRD yang tangguh.

HRD merupakan bagian penting dalam perusahaan. Dari bagian atau departemen inilah karyawan potensial bisa didapatkan. Dengan memiliki karyawan potensial, diharapkan perusahaan bisa mencapai tujuan-tujuannya. Selain itu, karyawan potensial juga diharapkan bisa meningkatkan kemampuan rekan-rekan kerjanya.

Mengapa HRD harus memiliki ketangguhan? HRD yang tangguh akan bisa menyelesaikan tugas-tugasnya dengan baik. Dari membuat aturan internal di perusahaan, menjalankan proses rekrutmen, hingga mengatasi konflik antar karyawan.

Tapi, untuk menjadi HRD yang tangguh bukanlah hal yang mudah. Kamu harus memiliki beberapa hal, seperti di bawah ini.

HRD yang Tangguh Harus Punya Integritas

HRD punya wewenang untuk menerima atau menolak karyawan. HRD juga punya akses untuk memperoleh informasi mengenai karyawan. Dari data pribadi, gaji, hingga tunjangan pensiun. Jika jatuh ke tangan yang salah, wewenang dan informasi itu bisa disalahgunakan. Baik untuk kepentingannya sendiri maupun untuk kepentingan orang lain.

Karenanya, kalau ingin jadi HRD yang tangguh, kamu harus memiliki integritas yang tinggi. Alias, kamu harus memiliki kejujuran dan selalu bersedia melakukan perbuatan yang benar serta mempertahankan kebenaran.

Baca Juga: Career Security: Cara Menapaki Jenjang Karier dengan Sikap Profesional

Kepribadian yang Kuat

Selain integritas, kamu juga harus memiliki kepribadian yang kuat. Dalam hal ini kamu harus bisa mempertahankan prinsip dan pendapat yang dirasa benar. Kamu juga harus bisa mengambil keputusan dengan baik atau bijak. Pasalnya, seringkali HRD harus mengambil keputusan yang tidak menyenangkan semua pihak.

Selain itu, kamu juga harus mampu menerima pendapat ataupun kritikan dari semua pihak. Baik atasan maupun karyawan. Bahkan, tidak jarang HRD menjadi bahan gunjingan lho. Hanya HRD dengan kepribadian kuatlah yang bisa menghadapinya.

HRD menjadi Teladan

Di kantor, HRD menjadi panutan atau teladan bagi karyawan yang lain. Hal ini disebabkan karena karyawan lain menganggap HRD paling mengetahui seluk-beluk dan keadaan perusahaan. Selain itu, HRD dianggap punya wewenang tertentu yang tidak dimiliki oleh karyawan dari departemen lain.

Kalau HRD tidak bisa menjadi teladan, karyawan lain akan sulit mengikuti aturan atau kebiasaan yang selama ini sudah dijalankan perusahaan.

Selain beberapa hal di atas, HRD juga harus bisa menyimpan rahasia. Karena, informasi yang dimiliki HRD bisa disalahgunakan oleh orang lain yang punya maksud jahat.

HRD yang tangguh akan bisa menghantarkan perusahaan pada tujuannya. Lebih dari itu, karyawan juga mendapatkan kenyamanan dalam bekerja. Sehingga, angka turnover bisa ditekan. Di saat yang bersamaan, efektifitas dan efisiensi yang diharapkan oleh perusahaan bisa tercapai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here