5 Tips Menjadi Orang Tegas di Kantor, Tegas Bukan Berarti Galak Ya!

Menjadi orang tegas di kantor bukan hal yang mudah. Kalau kamu masih baru di kantor, sikap tegas seperti ini sangat dibutuhkan loh. Orang tegas di kantor akan cenderung untuk lebih dihargai dan tidak dinilai main-main saat bekerja. Begini caranya belajar menjadi lebih tegas di kantor.

Membiasakan Diri Berani Berkata Tidak

Pernahkah kamu melihat orang tegas di kantor dengan mudahnya berkata “tidak” untuk sesuatu yang tidak berkenan untuknya? Ya, seperti itulah kamu harus bersikap. Kebiasaan buruk karyawan baru adalah tidak bisa mengatakan “tidak” untuk hal yang tidak disuka.

Belajarlah untuk paham kondisi hatimu dan biasakan untuk berkata jujur tanpa perlu berpura-pura. Kalau kamu merasa badanmu tidak kuat untuk lembur, berilah pengertian pada atasan dengan cara yang benar. Ingat, jangan mudah untuk menjadi “yes man” ya.

Menjadi Orang Tegas di Kantor Dimulai dari Tidak Mudah Terpengaruh

Sebagai karyawan baru, kadang ada saja senior-senior yang suka mendekati untuk sekadar diajak hangout atau jalan. Ada pula yang sengaja mendekatimu untuk diberi gosip-gosip yang lama beredar di kantor.

Nah, inilah waktu untuk kamu belajar memilah mana yang baik dan mana yang tidak baik. Berdirilah di atas kepercayaanmu dan jangan mudah terpengaruh oleh lingkungan sekitar. Kamu tidak harus selalu menjadi seperti rekan-rekan kerjamu agar diterima lingkungan kantor kok.

Baca Juga: Cara Mudah Berlatih Berpikir Kritis, Bisa Digunakan di Kantor Nih

Punya Prinsip dan Kuat Berpegang pada Prinsip Tersebut

Salah satu ciri khas orang tegas di kantor adalah memiliki prinsip kuat. Dia jarang menyukai hal-hal berbau abu-abu karena dalam pendiriannya hanya ada warna hitam dan putih. Dia akan tegas berkata “tidak” dan “ya” di waktu yang tepat.

Peganglah prinsip-prinsip yang sudah kamu miliki. Jangan mudah goyah hanya karena diledek terlalu kaku. Punya prinsip itu sangat penting daripada harus terjerumus ke hal-hal tidak baik. Hanya saja, tetap ingat untuk tidak terlalu bersikap idealis ya.

Orang Tegas di Kantor Mampu Mengelola Tim dengan Baik

Selain itu, belajarlah untuk membaur dalam tim saat bekerja. Berusahalah selalu terlibat aktif dalam diskusi tim agar kamu memiliki porsi lebih di dalamnya. Kalau kamu berada di dalam sebuah tim dengan baik, bukan tidak mungkin sikap tegas pun dapat muncul pelan-pelan.

Semakin lama, kamu juga belajar untuk mengelola tim sendiri. Jadi, bukan tidak mungkin kelak kamu dipercaya menjadi pemimpin, meski hanya dalam tim kecil.

Menjaga Profesionalitas Bekerja dengan Teman

Orang tegas di kantor harus benar-benar bisa membedakan mana hubungan pertemanan dan profesionalitas bekerja. Jadi, meskipun sedang ada masalah dengan teman di kantor, hubungan tersebut tidak akan terbawa saat bekerja.

Menjaga profesionalitas memang bukan hal mudah. Tidak banyak karyawan yang bisa melakukannya. Oleh sebab itu, penting buat kamu belajar lebih tegas agar bisa membedakan batas yang tepat antara keduanya.

Nah, sudah siap menjadi orang tegas di kantor? Tenang, kamu tidak perlu takut dicap galak kok kalau bersikap tegas di kantor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here