Tips Menjadi Tim Leader Berkualitas, Jadi Panutan Anggota Lain Nih!

Seorang tim leader berkualitas pastilah menjadi kebanggaan bagi anggota timnya. Tidak semua karyawan berkesempatan menjadi tim leader. Jika suatu saat nanti kamu mendapatkan kepercayaan dari atasan, pastikan kamu tunjukkan kepemimpinanmu dengan baik ya.

Meski hanya memimpin proyek jangka pendek, tetaplah berorientasi menjadi tim leader berkualitas. Rangkullah seluruh anggota tim dengan cara-cara berikut ini. Simak baik-baik ya, siapa tahu bermanfaat buatmu!

Kenali Tiap Anggota Tim

Pada dasarnya kamu memang hanya memimpin beberapa orang yang sebenarnya rekan kerjamu sendiri. Tentu saja kamu tidak butuh banyak adaptasi terlalu lama, apalagi jika sudah bekerja bersama bertahun-tahun. Namun, tetap saja kamu butuh benar-benar mengenali anggota tim satu per satu.

Tim leader berkualitas akan paham kelemahan dan kelebihan tiap anggota timnya. Kamu juga harus pandai menempatkan diri ketika dihadapkan dengan berbagai karakter mereka. Ingat, mengenal sifat sehari-hari saja tidak cukup loh ya, harus lebih mendalam dan detail.

Bangun Kekompakan Tim

Kunci menjadi tim leader berkualitas adalah sanggup membangun kekompakan tim. Banyak kepala dalam tim bukan berarti banyak konflik. Peranmu cukup vital karena harus merangkul semua orang demi satu visi atau tujuan yang kamu buat sebelumnya.

Banyak cara untuk merangsang kekompakan ini, misalnya dengan makan bersama, rutin brainstorming, atau menghidupkan obrolan kerja di grup. Hindari sikap terus-menerus memercayai satu atau dua orang saja. Libatkan semua anggota tim sehingga setiap orang punya rasa memiliki kuat pada tim yang kamu pimpin.

Baca Juga: Tips Meningkatkan Kinerja Tim agar Makin Kompak di Kantor

Siap Mendelegasi Pekerjaan Jika Perlu

Tim leader bukan berarti mengerjakan banyak hal sendirian. Tugasmu adalah membagi pekerjaan ke beberapa anggota tim sesuai porsi mereka. Lakukan pengecekan dan kontrol secara rutin untuk melihat progres kerja tiap orang.

Bahkan, ada kalanya kamu butuh mendelegasikan pekerjaan ke seseorang. Misalnya, kamu sudah terlalu banyak pekerjaan dan masih harus membuat file presentasi. Kamu bisa kok mendelegasikannya ke salah satu anggota tim, tentu saja dengan arahan dan pengawasan darimu.

Tidak Mudah Menyalahkan

Seorang tim leader berkualitas pastilah dihargai seluruh anggota tim. Salah satu kuncinya adalah menjaga attitude baik sebagai pemimpin di mata mereka. Pemimpin yang tidak mudah menyalahkan ketika ada masalah merupakan salah satu contohnya.

Alih-alih mencari siapa yang salah, sebaiknya posisikan dirimu untuk mencari solusi bersama. Kesalahan yang terjadi tak perlu lama dibahas, melainkan segera ditemukan jalan keluarnya. Pemimpin seperti ini jelas sangat disukai anggota tim daripada orang yang suka menyalahkan tim.

Siapkah kamu menjadi sosok tim leader berkualitas di kantor? Seandainya suatu hari nanti kamu diberi kepercayaan menjadi pemimpin, semoga kamu tidak melupakan poin-poin di atas ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here