Tips Menjaga Produktivitas Saat Puasa, Kerja Tetap Lancar!

Menjaga produktivitas selama puasa sangat penting dilakukan. Pasalnya, kegiatan kerja akan berjalan seperti biasa di tengah ibadah puasa yang dijalani. Sebagian kecil orang butuh adaptasi dengan hal ini karena fisik dan pikiran saat puasa bisa jadi tidak sesegar hari-hari biasa.

Yang patut dicermati adalah kondisi puasa tidak selayaknya memengaruhi performa kerja. Baik pikiran maupun fisik harus tetap prima saat bekerja tanpa harus membatalkan puasa. Berikut tips mudah menjaga produktivitas di tengah ibadah puasa.

Tidak Melewatkan Sahur

Bagi karyawan yang masih harus melewatkan kerja di kantor selama pandemi, jangan sekali pun melewatkan momen sahur. Memang tidak mudah harus bangun dini hari untuk menikmati santap sahur. Namun, sahur justru sangat penting karena setidaknya memberikan energi untuk aktivitas di pagi hari.

Menu sahur yang dikonsumsi tidak harus yang mengenyangkan. Yang terpenting adalah sehat dan komposisinya seimbang. Asupan menu sahur yang tepat sangat membantu menjaga produktivitas selama puasa seharian, apalagi untuk bekerja.

Prioritaskan Pekerjaan Terpenting

Tidak bisa dipungkiri bahwa jam kerja selama puasa sering kali bisa berubah, biasanya menjadi lebih pendek. Oleh sebab itu, buatlah prioritas untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan paling penting dahulu. Rutinlah membuat daftar pekerjaan setiap hari agar tidak ada yang terlewat.

Menyelesaikan pekerjaan dari yang terpenting mampu menjaga produktivitas selama puasa. Semakin efisien waktu yang dipakai untuk bekerja, semakin besar pula peluang mengerjakan hal lain. Dengan begitu tidak ada alasan pekerjaan banyak tertunda karena sedang berpuasa.

Baca Juga: Budaya Kerja Toxic di Kantor bikin Stres, Apa Saja Ciri-Cirinya?

Kurangi Obrolan dengan Rekan Kerja

Distraksi utama dalam bekerja biasanya adalah kegiatan mengobrol dengan teman. Tahanlah godaan untuk terlalu banyak bicara dengan rekan kerja, apalagi saat menjalankan ibadah puasa. Alih-alih berbincang hal di luar pekerjaan, akan jauh lebih baik jika fokus pada pekerjaan.

Demi menjaga produktivitas bekerja selama puasa, beri batasan jelas pada obrolan yang dirasa menganggu. Jangan ragu menolak atau menjaga jarak dengan rekan kerja yang berpotensi memunculkan distraksi. Fokuslah bekerja agar ibadah puasa pun berjalan lancar.

Lakukan trik sederhana di atas untuk menjaga produktivitas bekerja selama puasa. Entah itu bekerja dari rumah atau pun di kantor, tetap semangat dan lakukan sepenuh hati ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here