Tips Menjalin Hubungan Harmonis di Kantor atau Tempat Kerja

Hubungan yang harmonis di kantor hanya bisa terjalin jika semua pihak ikut terlibat didalamnya. Semakin harmonis hubungan tersebut, semakin tinggi produktivitas yang didapatkan. Karena dengan hubungan yang harmonis kerjasama antar rekan kerja terjalin lebih erat.

Seperti apa hubungan harmonis yang dimaksud? Maksudnya, ketika kamu bisa berkomunikasi dengan baik dengan rekan kerja. Sehingga terjalin kedekatan antara kamu dan rekan kerja. Kedua belah pihak juga saling mengerti dan memahami perasaan dan isi pikiran masing-masing.

Jika situasi ini sudah terjalin di kantor, maka pengambilan keputusan akan lebih mudah. Pekerjaan pun bisa diselesaikan dengan baik. Selain itu, semua pihak tidak terganggu kenyamanannya dalam bekerja.

Manfaat Memiliki Hubungan yang Harmonis di Kantor

Dengan adanya hubungan harmonis di kantor atau tempat kerja, kepercayaan antar rekan kerja akan meningkat. Kamu tentunya akan merasa lebih nyaman bekerja dengan orang lain yang bisa dipercaya dan diandalkan, bukan? Karena pada dasarnya, setiap orang ingin memastikan pekerjaannya bisa diselesaikan dengan baik.

Di sisi lain, kenyamanan dalam bekerja juga meningkatkan interaksi antar rekan kerja. Kedua hal tersebut bisa meningkatkan kepuasan dalam bekerja. Sehingga turnover rate bisa ditekan. Selain itu, hubungan yang baik di kantor juga mencegah terjadinya konflik antar rekan kerja.

Baca Juga: 6 Cara Membangun Hubungan Kerja Positif untuk Tingkatkan Kinerja

Lakukan Ini untuk Meningkatkan Kualitas Hubungan di Kantor

Agar hubungan antar rekan kerja menjadi harmonis, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Mencari Kesamaan

Setiap pasti orang memiliki perbedaan. Namun, carilah kesamaan di antara rekan kerja. Baik kesamaan minat, cara pandang, value, ataupun ide. Bekerjasama atau berkolaborasi bisa dilakukan dengan lebih mudah oleh dua pihak yang memiliki kesamaan.

Bertanya

Ada banyak hal yang bisa diketahui dengan bertanya. Bertanya juga bisa membuka komunikasi dua arah. Sehingga kamu bisa lebih jauh mengetahui cara pandang atau perasaan rekan kerja. Namun, perhatikan waktu yang tepat jika bertanya. Selain itu, jangan bertanya hal yang terlalu pribadi.

Memberikan Perhatian Penuh

Komunikasi merupakan hal yang penting agar hubungan antar rekan kerja bisa harmonis. Namun, saat berkomunikasi ada baiknya kamu memusatkan perhatian penuh pada lawan bicara. Hal ini untuk menghargai lawan bicaramu.

Meningkatkan Emotional Balance

Dalam setiap hubungan kerja pasti pernah terjadi konflik. Yang terpenting, kamu harus pandai menjaga emosi agar konflik bisa diredam dengan baik. Mengontrol emosi juga diperlukan jika kamu ingin menyelesaikan konflik tanpa ada pihak yang dirugikan.

Menjalin hubungan yang harmonis tentu membutuhkan waktu. Namun, jika hubungan yang harmonis sudah terjalin, kamu dan rekan kerjamu bisa mencapai tujuan atau target yang sudah ditetapkan dengan lebih mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here