Cara Cerdas Menjawab Pertanyaan Interview tentang Waktu Kerja Ideal

Menjawab pertanyaan interview seputar waktu kerja ideal terkadang menjadi hal sulit bagi sebagian pelamar kerja. Pasalnya, perusahaan terkadang membutuhkan karyawan yang siap dan fleksibel soal waktu. Di sisi lain, pelamar kerja juga membutuhkan aturan jam kerja yang tidak terlalu membebani saat sudah bekerja nanti.

Pertanyaan jebakan ini sering membuat pelamar kerja kehilangan rasa percaya diri saat menjawabnya. Berikut ini ada beberapa cara menjawab pertanyaan interview tersebut dengan lebih bijak. Semoga kamu bisa mengikutinya agar kelak tidak kepeleset menjawa kala interview.

Menjawab dengan Jujur

Dalam menjawab pertanyaan interview apa pun, ingatlah untuk selalu jujur. Tidak perlu melebih-lebihkan atau pula mengurangi beberapa hal agar terlihat baik di mata rekruter. Kebohongan kecil dalam interview sesungguhnya dapat dengan mudah dibaca rekruter loh.

Berikan jawaban sesuai pengalaman di perusahaan sebelumnya. Bisa jadi seseorang terbiasa bekerja di luar ketentuan rentang waktu jam kerja, tapi berdampak buruk ke kesehatan. Dengan memberikan jawaban jujur dan pendapat yang tepat, rekruter tidak akan terlalu mempermasalahkan pilihan waktu kerja ideal.

Kenali Tipe Kerjanya

Pelamar kerja butuh mempertimbangkan bidang usaha dari perusahaan yang dilamar. Buat bayangan bagaimana tipe kerja di perusahaan tersebut nantinya. Sehingga pelamar kerja bisa menjawab pertanyaan interview dengan menyesuaikan kondisi perusahaan.

Misalnya, posisi yang dilamar menuntut kesiapan bekerja shift. Maka, pelamar butuh menjelaskan waktu kerja ideal dalam sistem shift baiknya seperti apa.

Lain lagi kalau perusahaan yang dilamar menerapkan jam kerja normal. Pelamar harus menyatakan pertimbangan mengenai kebijakan jam lembur yang diharapkan tidak memberatkan karyawan. Dengan begitu, rekruter sanggup menilai seberapa besar etos kerja para kandidat yang diwawancarai.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menjawab Pertanyaan tentang Atasan Saat Wawancara?

Menunjukkan Fleksibilitas

Pelamar kerja pastinya ingin bekerja dengan waktu kerja normal tanpa lembur terlalu banyak. Namun, jangan lupa juga untuk menunjukkan fleksibilitas bekerja saat di depan rekruter. Perusahaan tentu enggan merekrut orang yang terlalu kaku alias perhitungan dengan jam kerja.

Pastikan beri juga kemampuan beradaptasi lebih fleksibel dalam menjawab pertanyaan interview ini. Apalagi zaman sekarang sudah banyak kebijakan bekerja dari rumah yang memungkinkan fleksibilitas sangat tinggi. Ingat, perusahaan membutuhkan karyawan yang mampu bekerja cerdas sekaligus gesit.

Semoga beberapa opsi jawaban di atas dapat membantu kamu dalam menjawab pertanyaan interview seputar jam kerja ideal. Terus berlatih dan semoga sukses!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here