Jangan Sampai Gagap saat Menjawab Pertanyaan Interview Kerja, Ini Strateginya!

Jangan Sampai Gagap Saat Menjawab Pertanyaan Interview Kerja. Ini Tips Untuk Anda!
Sumber: Hrwatchdog

Menjadi salah satu kandidat yang dipercaya untuk mengikuti interview kerja tentu membuat Anda senang. Namun, tugas Anda masih belum selesai karena untuk bisa menaklukan wawancara kerja, Anda harus bisa menjawab pertanyaan interview dengan elok dan elegan. Memang ada banyak tips yang bisa Anda dapatkan di internet. Namun bila Anda ingin terlihat menonjol dan beda dibandingkan dengan kandidat lain, Anda perlu melakukan sebuah pendekatan baru. Pikirkanlah tentang strategi yang akan digunakan untuk bisa sukses wawancara kerja. Dan berikut tips untuk Anda.

Strategi Menjawab Pertanyaan Interview Kerja dengan Sempurna

Kenapa Memiliki Strategi untuk Melakukan Interview Kerja Menjadi Penting?

Ada 2 alasan kenapa melakukan pendekatan dengan strategi tepat menjadi hal yang penting saat melakukan interview kerja, yaitu:

  1. Wawancara kerja dan perekrutan sebenarnya adalah sebuah proses penjualan. Pemikiran dan pengambilan keputusan yang akan dilakukan oleh pewawancara atau calon bos Anda saat memutuskan siapa yang akan dipekerjakan adalah sebuah proses sama yang Anda jalani ketika Anda memutuskan untuk membeli sesuatu.
  2. Meskipun interview kerja menjadi proses perekrutan yang dapat dilakukan setiap saat, namun tiap interview yang dilakukan secara individu dianggap memiliki keunikan tersendiri, dengan detail yang berbeda, persyaratan berbeda, dan dengan daftar keinginan yang berbeda untuk kandidat yang sempuna bagi posisi kerja yang ditawarkan oleh perusahaan.

Ketika Anda memahami bagaimana untuk melakukan pendekatan interview kerja secara strategis, Anda akan bisa melakukan wawancara dengan lebih efektif dibandingkan dengan pelamar kerja lain. Selain itu, Anda juga tidak akan merasa gugup lagi, tidak melakukan banyak kesalahan, dan Anda akan menerima lebih banyak tawaran pekerjaan.

Baca Juga : Hal-Hal yang Dilakukan saat Wawancara Ini Bisa Mengakibatkan Kandidat Ditolak oleh HRD

Bagaimana agar Bisa Melakukan Interview Kerja dengan Penuh Strategi?

Ada beberapa hal yang perlu Anda pahami dalam menerapkan pendekatan strategis untuk bisa lolos wawancara, yaitu:

  1. Tiap pewawancara atau manajer perekrutan memiliki masalah umum sama saat ingin mempekerjakan Anda, yaitu apa motivasi Anda, apa kelemahan, kekuatan Anda, dan lainnya. Mereka tidak akan mempekerjakan Anda bila Anda tidak menjawab pertanyaan tersebut dengan tegas dan lugas.
  2. Adalah penting bagi Anda untuk mencari tahu sebanyak mungkin tentang pekerjaan, perusahaan, dan pewawancara sebelum memasuki ruang interview kerja. Anda tentu tidak ingin memberi pertanyaan yang sebenarnya bisa Anda temukan jawabannya di Google, bukan? Bila hal ini sampai terjadi, ini bisa menjadi pertanda bila Anda tidak melakukan PR riset perusahaan dengan baik.
  3. Semakin banyak Anda tahu tentang materi, baik pertanyaan umum dan khusus yang sering diajukan saat interview kerja, akan semakin baik bagi Anda untuk bisa menjawab pertanyaan interview kerja.
  4. Strategi lain yang juga tidak boleh dilupakan adalah dengan mengajukan pertanyaan berbobot pada pewawancara. Anda dapat menanyakan tentang pekerjaan di perusahaan, tujuan jangka pendek dan jangka panjang yang ingin diraih oleh perusahaan, dan apa yang paling mereka harapkan dari kandidat untuk posisi pekerjaan tersebut. Semakin banyak Anda tahu informasi dan langsung didapat dari calon bos, hal itu juga menjadi salah satu poin positif untuk Anda.
  5. Strategi lain yang juga bisa Anda terapkan adalah dengan memilih referensi yang baik sebelum Anda melakukan interview kerja. Ini adalah hal umum yang seringkali dilakukan saat wawancara. Referensi yang Anda berikan setidaknya bisa menjadi bahan pertimbangkan dari pewawancara untuk memutuskan apakah akan mempekerjakan Anda atau tidak.

Dengan mengetahui strategi yang perlu dilakukan untuk menghadapi interview kerja, Anda pun bisa lebih bersinar dan menonjol dibandingkan dengan kandidat lain. Semoga berhasil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here