Tips Menjawab Pertanyaan Wawancara: Darimana Anda Tahu Pekerjaan Ini?

Pertanyaan Wawancara

Pertanyaan wawancara: “Darimana Anda Mengetahui Pekerjaan Ini?” belakangan ini cukup sering muncul saat proses wawancara kerja. Perusahaan memiliki banyak alasan mengapa mereka menanyakan hal ini dan umumnya hal ini tak begitu mengancam bagi para pencari kerja. Namun, jangan menyepelekan pertanyaan ini dan jangan beranggapan bahwa Anda tak mungkin salah dalam menjawabnya.

Apa Alasan Mereka Menanyakan Pertanyaan Wawancara Ini?

Banyak perusahaan yang mencanangkan program referral, di mana perusahaan akan memberikan imbalan kepada karyawan yang mereferensikan kandidat yang berkualitas jika nantinya kandidat tersebut terpilih sebagai karyawan baru. Pertanyaan wawancara: “Darimana Anda tahu pekerjaan ini?” nantinya akan menjadi salah satu proses yang dibutuhkan untuk mengkonfirmasi program referral tersebut.

Cara Menjawab Pertanyaan Wawancara: Darimana Anda Tahu Pekerjaan Ini?

Meskipun pertanyaan wawancara ini tampaknya tidak penting, berhati-hatilah dengan jawaban Anda. Umumnya, kejujuran adalah strategi terbaik, tapi tetaplah berhati-hati saat Anda merespon pertanyaan ini.

Untuk menyiapkan jawabannya, tanyakan hal-hal ini kepada diri Anda sendiri:

1. Apakah Anda Direkomendasikan oleh Karyawan Perusahaan Tersebut?

Perusahaan biasanya cenderung lebih memilih kandidat yang direkomendasikan oleh karyawannya sendiri. Biasanya, kandidat yang direkomendasikan akan menjadi calon karyawan yang berkualitas dan mampu melakukan tugas-tugasnya dengan baik.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Dr. John Sullivan, kesempatan Anda untuk diterima menjadi karyawan akan meningkat 300% jika Anda direkomendasikan oleh karyawan perusahaan terkait. Jadi, jangan lupa menyampaikan bahwa Anda direkomendasikan oleh kerabat Anda. Sebutkan nama karyawan tersebut, posisinya dan juga kontak informasinya.

Jika seorang karyawan yang merupakan kerabat Anda merekomendasikan Anda, tanyakan kepada mereka apakah diperbolehkan untuk memberikan informasi nama mereka untuk menjawab pertanyaan wawancara kerja ini. Jika tidak ada masalah, berikanlah nama mereka, bahkan sebutkan juga departemen dan lokasinya, atau jika perlu nomor induk karyawan.

Karyawan yang merekomendasikan Anda bisa jadi akan mendapatkan bonus jika nantinya Anda diterima bekerja di perusahaan tersebut. Jika seseorang telah merekomendasikan Anda, pastikan Anda memberikan namanya sehingga ia bisa memperoleh hadiah yang telah dijanjikan oleh perusahaan.

2. Apakah Anda telah Menargetkan Perusahaan Ini?

Anda bisa mulai membuat daftar poin-poin yang membuat Anda tertarik dengan perusahaan ini. Hal ini akan menunjukkan bahwa Anda benar-benar serius dalam melamar pekerjaan ini, tidak hanya asal menekan tombol ‘Apply’ saja. Jika Anda mengetahui lowongan pekerjaan ini dari website resmi perusahaan, maka beri tahu pewawancara bagaimana Anda menemukannya dan bagaimana Anda mengunjungi website resmi mereka.

Mungkin saja, perusahaan ini adalah perusahaan yang sudah lama Anda idam-idamkan sebagai perusahaan tempat Anda ingin bekerja. Siapkan jawaban mengapa Anda tertarik untuk menjadi karyawan di perusahaan ini. Jika alasan sebenarnya adalah karena standar gajinya yang tinggi, sebisa mungkin carilah alasan lain yang lebih baik.

Jika Anda menemukan informasi lowongan pekerjaan ini dari LinkedIn dan menemukannya di profil LinkedIn perusahaan, jangan lupa untuk memberi tahu hal ini kepada pewawancara. Pastikan untuk memeriksa LinkedIn perusahaan tersebut sebelum Anda menghadapi wawancara kerja.

3. Apakah Anda Menemukan Info Lowongan Kerja Secara Kebetulan?

Jika ini yang terjadi kepada Anda, berhati-hatilah saat memberikan respon Anda. Jangan tinggalkan kesan bahwa Anda mengirimkan aplikasi kepada semua perusahaan yang Anda temukan. Jangan sampai Anda terdengar putus asa dan desperate.

Jika memungkinkan, beri tahu nama forum, situs, di mana Anda menemukan informasi lowongan pekerjaan ini. Jika Anda menemukannya melalui media sosial seperti Facebook, LinkedIn, atau Twitter, berikan informasi sumber sedetail-detailnya.

4. Apakah Anda Direkomendasikan oleh Perekrut?

Jika Anda menggunakan jasa agen perekrut, biasanya Anda akan diperkenalkan oleh perekrut tersebut terlebih dahulu. Sehingga agak jarang kemungkinan pewawancara untuk menanyakan hal ini. Namun, sebagai persiapan, siapkanlah nama perekrut, siapa tahu ia sudah mengenal perekrut tersebut sebelumnya.

Siapkanlah jawaban Anda untuk pertanyaan ini di setiap wawancara. Meskipun tak semua pewawancara akan menanyakannya, akan lebih baik jika Anda sudah menyiapkan jawabannya.

Pertanyaan yang Paling Sering Ditanyakan Saat Wawancara Kerja: