4 Tips Menjual Barang Bekas Online, Dijamin Laku!

tips menjual barang bekas online
Sumber : Komando

Bila kamu sering merasa risih dengan barang-barang bekas yang menumpuk di sekitar kamu, inilah solusinya. Barang bekas yang menumpuk dan memakan ruang yang kamu punya kini bisa berubah menjadi uang. Dengan kecanggihan teknologi sekarang ini, barang bekas yang kamu miliki bisa dengan mudah kamu tawarkan kepada orang-orang yang membutuhkannya secara online. Jual beli online barang bekas kini sudah kian eksis di tengah masyarakat dan terbukti membantu orang-orang yang ingin menjual maupun membeli barang bekas. Bagi kamu yang hendak menjual barang bekas namun masih bingung, berikut ini 4 tips menjual barang bekas online yang bisa kamu ikuti.

Ubah barang bekas jadi uang, yuk, simak 4 tips menjual barang bekas online ini!

Pilih Platform yang Tepat

Sumber: labana

Platform jual tentunya menjadi hal penting yang menentukan barang jualan kamu laku atau tidak. Menjual barang bekas kini tidaklah sulit karena sudah banyak platform yang khusus memfasilitasi jual beli barang bekas. Misalnya, LINE, Caroussel, Prelo, BukaLapak, BelanjaBekas, dan lainnya. Kamu juga bisa memanfaatkan media sosial seperti Facebook atau Insagram untuk memasarkan barang bekas yang ingin kamu jual. Tips menjual barang bekas online lain, pilihlah nama akun yang mudah diingat dan yang secara unik mendeskripsikan barang jualan kamu. Cara ini bisa membuat akun kamu mudah dicari dan diingat oleh calon pembeli.

Pilih dan Pilah yang Layak Jual

menjual barang lama

Menjual barang bekas bukan berarti kamu tidak memperhatikan kualitasnya. Pastikan barang yang kamu putuskan untuk jual masih layak untuk dipakai dan digunakan dalam jangka waktu yang wajar. Tips penting untuk kamu, sebelum memutuskan untuk menjual barang bekas secara online, posisikan diri kamu sebagai orang yang akan membeli barang tersebut. Dengan demikian, kamu akan secara adil menilai dan memilih barang-barang yang masih layak jual. Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan detail-detail barang jualan kamu, seperti keadaan warna, kecacatan, dan lainnya. Langkah ini perlu dilakukan agar nantinya si calon pembeli tidak kecewa.

Baca Juga : Pengeluaran Boros untuk Biaya Transportasi? Begini Cara Hemat Naik Ojek Online!

Pasang Harga yang Wajar

Sumber : Merdeka

Menentukan harga barang yang sudah pernah dipakai tentulah tidak mudah. Agar harga yang kamu tawarkan tidak dinilai terlalu tinggi ataupun terlalu rendah oleh calon pembeli, ada baiknya kamu melakukan riset kecil-kecilan terlebih dahulu. Kamu bisa melihat-lihat barang bekas serupa yang dijual di lapak lain untuk menentukan kisaran harga yang sesuai. Selain itu, kamu juga harus menyesuaikan harga yang akan kamu tawarkan dengan kondisi fisik barang. Jangan lupa juga sesuaikan dengan kapasitas dan kuantitasnya. Misalnya, kamu hendak menjual parfum yang sudah dipakai, sesuaikan harga dengan jumlah kapasitas parfum yang masih tersisa.

Nego Allowed

Kebanyakan platform ataupun lapak jual beli barang bekas online memperbolehkan sang calon pembeli untuk menawar harga barang yang telah ditetapkan. Kamu juga boleh menerapkan sistem nego agar barang kamu cepat terjual dan juga sebagai daya tarik bagi calon pembeli. Biasanya, calon pembeli akan lebih tertarik untuk memilih dan membeli barang yang bisa ditawar harganya. Untuk menghindari calon pembeli menawar terlalu ekstrem, kamu bisa memasang harga di atas harga normal barang, tetapi harus tetap dalam batas wajar. Cara ini bertujuan agar harga barang tidak jatuh saat ditawar oleh calon pembeli.

Itulah keempat tips menjual barang bekas online. Kamu bisa mengikuti keempat tips di atas agar barang bekas kamu cepat terjual dan mendatangkan keuntungan. Walaupun barang yang kamu jual dalam kondisi bekas, ingatlah untuk tetap mengutamakan kepuasan calon pembeli, bisa dilakukan dengan menjual barang-barang yang masih layak kondisi dan wajar harganya. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here