Tak Perlu Panjang, Ini Cover Letter untuk Mencuri Perhatian HRD

Pernahkan Anda berpikir membuat cover letter yang panjangnya hanya tiga kalimat? Mustahil? Tidak kok! Cover letter yang singkat justru bisa semakin mencuri perhatian Human Resource Department (HRD).

Jadi, ketika Anda mempersiapkan sebuah cover letter untuk melamar pekerjaan, buanglah anggapan bahwa cover letter harus panjang, penuh informasi, terdengar seperti robot, dan memboasankan.

Sudah waktunya untuk menulis sebuah cover letter yang benar-benar bisa mencuri perhatian HRD dan menunjukkan kepribadian Anda yang luar biasa. Bagaimana caranya?

Berikut Tips Penulisan Cover Letter untuk Mencuri Perhatian HRD

Tambahkan Humor

Cara terbaik untuk menceriakan hari seseorang adalah dengan membuatnya tertawa. Begitu pula ketika Anda ingin mencuri perhatian HRD. Jika Anda menyisipkan humor segar pada cover letter, Anda mungkin akan jadi lebih mudah diingat. Anda bisa menggunakan analogi yang lucu.

Bukankah Anda juga menyukai rekan kerja yang menyenangkan sehingga suasana kerja tidak monoton? Nah, tempatkan diri Anda dalam posisi sosok menyenangkan yang juga diinginkan rekan kerja Anda. Tunjukkan bahwa Anda bisa membawa kepribadian Anda yang mengagumkan yang mampu mengiringi keahlian luar biasa Anda.

Tuliskan Cover Letter dengan Spesifik

Jangan pernah mengirimkan cover letter generik yang Anda buat setelah browsing contoh cover letter di internet dan hanya sekadar mengganti detailnya untuk sesuai dengan pekerjaan Anda. Ini jelas no, no!

Jangan lakukan hal ini hanya karena Anda ingin mencuri perhatian HRD. Sebaiknya, Anda menulis dengan lebih spesifik dan personal, sesuai dengan diri Anda dan apa yang Anda tawarkan. Cover letter Anda harus terlihat berbeda dan enak dibaca. Selain itu, Anda lebih baik bila Anda bisa menemukan nama sosok yang akan menerima cover letter. Tuliskan namanya sebagai pembuka cover letter.

Penambahan nama si penerima menjadi cara yang sangat efektif untuk membuat cover letter Anda jadi terlihat lebih berdaya.

Baca Juga: Masih Bingung Melamar Kerja yang Mana? Jawab Pertanyaan-Pertanyaan Berikut

Tunjukkan Anda Mampu Menyelesaikan Masalah Spesifik

Menuliskan bahwa Anda seseorang yang ‘pandai menyelesaikan masalah’ sama tidak efektifnya seperti Anda menuliskan preferensi makanan di cover letter. Pernyataan Anda ini tidak akan mencuri perhatian HRD karena ini pernyataan yang sangat generik. Sebaliknya, jelaskan detail bagaimana Anda menyelesaikan masalah, tunjukkan Anda sebagai pemain kunci, dan pamerkan keahlian Anda.

Anda akan mendapatkan nilai plus bila Anda mengetahui bahwa saat ini perusahaan tengah mengalami masalah dan Anda memiliki solusinya.

Pastikan Cover Letter Anda dalam Bentuk PDF

Meskipun Anda tidak mengunakan desain aneh-aneh untuk cover letter, tetapi Anda tetap harus mengirimkannya dalam bentuk PDF. Jangan membuat HRD frustrasi karena file yang Anda kirimkan tidak bisa dibuka dengan komputernya. Bila ini terjadi maka HRD tidak akan membaca cover letter Anda.

Beri komentar Anda tentang artikel ini