Tips Menulis Profil di LinkedIn biar Dilirik oleh HRD

Menulis profil di LinkedIn ternyata tidak boleh sembarangan loh. Sebagai salah satu media sosial yang kamu gunakan untuk berkarier, ada baiknya kamu isi profil di sana dengan benar. Siapa tahu kamu bisa mendapatkan pekerjaan menarik dari LinkedIn juga.

Nah, berikut beberapa tips dalam menulis profil di LinkedIn. Kalau akun LinkedIn kamu sudah menarik, jelas berpeluang besar untuk dilirik oleh HRD loh!

Foto Profil Profesional dan Menarik

Sebelum kamu sibuk memikirkan isi dari profil, pastikan kamu memasang foto profil yang menarik dulu. Menarik bukan berarti asal asyik dan terlihat keren saja ya. Ingat untuk tetap menggunakan foto profil yang profesional.

Foto profil menjadi hal pertama yang akan rekruter lihat saat mencari kandidat di LinkedIn. Terlepas dari rentetan pengalaman yang baik dan sempuran, tetap saja visual kandidat menjadi daya tarik pertama bukan?

Headline Profil

Isilah headline profil LinkedIn dengan padat dan jelas. Jelaskan serta deskripsikan dirimu ke dalam headline tersebut. Pastikan rekruter tertarik dengan kalimat yang kamu jabarkan di sana, meliputi pekerjaan, keahlian, dan pekerjaanmu sekarang.

Ini adalah salah satu poin terpenting dalam menulis profil di LinkedIn. Berikan gambaran yang cukup mengenai dirimu sejak orang membaca headline. Jika headline profil kamu kurang menarik dan tidak jelas, bisa dipastikan orang menjadi enggan melirik profil lengkapmu.

Baca Juga: Contoh CV Menarik yang Ampuh Memikat HRD, Ini Tipsnya

Rekomendasi dari Atasan atau Rekan Kerja

Rekomendasi dari Atasan atau Rekan Kerja
Sumber: Hays

LinkedIn menyediakan fitur rekomendasi yang bisa kamu manfaatkan. Mintalah rekomendasi dari atasan atau rekan kerja yang pernah bekerja denganmu. Saat kolom rekomendasi terisi, rekruter pun dapat melihat bahwa kamu punya rekam jejak kerja yang baik.

Meski kamu sudah menuliskan semua pengalaman kerja, kehadiran rekomendasi ini dapat menjadi penguat yang baik. Apalagi jika rekomendasi ditulis masing-masing dari tiap tempat kerja atau proyek yang kamu kerjakan. Jadi, manfaatkan fitur ini saat menulis profil di LinkedIn ya.

Kelengkapan Profil

Kelengkapan Profil
Sumber: Metode Hire

Pastikan kamu sudah teliti dan cermat saat menulis profil di LinkedIn. Jangan sampai ada bagian yang terlewat, mulai dari pendidikan, pengalaman kerja, hingga kemampuan. Sebisa mungkin lampirkan juga prestasi yang pernah kamu dapatkan di akun LinkedIn milikmu.

Tulislah pengalaman kerja dengan merinci deskripsi pekerjaanmu secara jelas dan padat. Perhatikan pula penulisan rentang waktu bekerja serta pendidikan. Profil yang tidak lengkap biasanya tidak menarik minat rekruter saat mencari kandidat karyawan.

Mulailah menulis profil di LinkedIn dengan lebih profesional dan tepat ya. Manfaatkan LinkedIn semaksimal mungkin sebagai media sosial untuk keperluan kariermu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here