Ingin Sukses Menyebar CV dan Langsung Dapat Kerja? Begini Caranya!

Mengirim Curriculum Vitae (CV) secara sekaligus ke beberapa perusahaan bukanlah hal asing bagi masyarakat modern. Justru aktivitas menyebar CV harus dilakukan karena tak ada jaminan untuk langsung mendapatkan satu pekerjaan dalam satu singkat. Kamu harus bersikap proaktif supaya peluang kerja semakin terbuka lebar.

Apakah kamu ingin menyebar CV karena sekarang sedang berusaha mencari pekerjaan?

Jangan lupa memperhatikan beberapa hal penting ini agar upaya tersebut lekas membuahkan hasil!

Memerbaiki Isi dan Tampilan CV

Hal pertama yang patut kamu lakukan sebelum menyebar CV adalah memerbaiki isi dan tampilannya. Pastikan bahwa CV milikmu mencerminkan profesionalitas dan kesiapan kamu untuk bekerja.

Bila kamu akan mengirim CV untuk melamar beberapa bidang pekerjaan sekaligus, usahakan untuk mencantumkan informasi yang bersifat umum. Sebaiknya kamu juga tidak mencantumkan hobi yang terlalu spesifik supaya tidak memengaruhi penilaian tim rekrutmen terhadap lamaran kerjamu.

Baca Juga: 5 Langkah Praktis Menyortir CV agar Lebih Efisien dan Hemat Waktu

Tak Ada Salahnya Melampirkan Portofolio

Upaya menyebar CV akan segera memberikan hasil jika kamu turut melampirkan portofolio. Jangan ragu membuat file portofolio yang tidak terlalu berat tetapi isinya informatif.

Portofolio akan menjadi nilai tambah yang membantu meningkatkan peluang untuk diterima kerja. Jadi, siapkanlah portofolio terbaik jika selama ini kamu sudah mempunyai pengalaman kerja.

Wajib Mengirim Email Secara Teliti

Jika kamu akan menyebar CV via email, maka kamu harus mengetik body email dengan teliti. Jangan sampai lupa mengganti tanggal, nama perusahaan, dan nama tim HRD yang dituju.

Kesalahan ketik dalam body email biasanya berakibat fatal karena kamu akan dianggap sebagai pribadi yang kurang teliti. Usaha mengirim CV pun akan sia-sia sebab kamu akan segera disisihkan dari proses seleksi.

Browsing Lowongan Kerja Setiap Hari

Niat menyebar CV secara konsisten ke berbagai perusahaan harus dibarengi dengan aktivitas browsing setiap hari. Kamu bisa mengandalkan portal lowongan kerja dan media sosial untuk mendapatkan informasi up to date seputar lowongan kerja. Catatlah setiap lowongan kerja yang ditemukan lalu jangan menunda lagi untuk mengirimkan CV. Jika kamu melakukannya secara konsisten, niscaya peluang untuk mendapatkan panggilan tes dan wawancara kerja akan semakin besar.

Jangan patah semangat dulu bila kamu tak kunjung mendapatkan pekerjaan sampai saat ini. Yuk, menyebar CV dengan cara yang benar supaya kesempatan kerja segera menghampirimu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here