5 Trik Menyelesaikan Pekerjaan Kantor yang Menumpuk Tanpa Stres

Pekerjaan kantor yang menumpuk bisa membuatmu stres. Lebih dari itu, pekerjaan yang menumpuk juga bisa membuat hasil yang didapatkan tidak maksimal. Di sisi lain, kamu tetap harus menyelesaikan semua pekerjaan tersebut.

Ada baiknya sebelum kamu memutuskan untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan tersebut, cobalah mengukur kemampuanmu. Jika kamu tidak memiliki kemampuan yang diperlukan sebaiknya kamu meminta bantuan orang lain untuk menyelesaikannya. Demikian juga jika beban pekerjaan yang ada sudah terlalu besar.

Tapi, kalau kamu merasa bisa menyelesaikannya, ada beberapa tips yang bisa diterapkan agar kamu bisa menyelesaikan semua pekerjaan kantor yang menumpuk itu dengan baik.

Tetapkan Tujuan yang Realistis

Kalau kamu bekerja dengan target, tetapkanlah target yang realistis. Sehingga kamu tidak stres dalam bekerja. Target yang terlalu tinggi akan membuatmu berharap terlalu tinggi. Jika kamu gagal memenuhinya, kamu bisa frustasi karenanya.

Selain itu, jangan mengharapkan hasil pekerjaan yang terlalu sempurna. Hal ini akan membuatmu stres saat mengerjakan pekerjaan.

Membuat Daftar Prioritas

Untuk menyelesaikan pekerjaan kantor yang menumpuk, ada baiknya kamu membuat to do list. Namun, buatlah to do list berdasarkan kategori prioritas pekerjaan tersebut. Semisal, pekerjaan sangat penting, penting dan tidak terlalu penting.

Dengan begini kamu bisa memusatkan perhatian pada pekerjaan yang memang benar-benar harus diselesaikan dengan segera. Selain itu, cara ini memudahkanmu untuk mengatur waktu dan durasi kerja dengan lebih baik.

Baca Juga: Tips Membuat To Do List agar Efektif dan Efisien Menyelesaikan Pekerjaan

Selalu Meng-Update Pekerjaan

Ada kalanya pekerjaan yang harus diselesaikan berhubungan dengan progres pekerjaan yang diselesaikan rekan kerja. Hal ini membuat hasil pekerjaan yang kamu lakukan bergantung pada hasil pekerjaan rekan kerjamu. Kalau sudah begini, ada baiknya kamu sering meng-update progres pekerjaan rekan kerjamu itu.

Sehingga kamu lebih mudah dan lebih cepat menyelesaikan pekerjaan. Selain itu, jika terjadi kesalahan pada pekerjaan rekan kerjamu, kamu akan lebih cepat mengetahui dan memperbaikinya.

Sebaliknya, sampaikan progres pekerjaanmu pada atasan atau rekan kerja. Sehingga mereka juga bisa menyelesaikan pekerjaannya dengan lebih baik.

Hindari Multitasking Saat Menyelesaikan Pekerjaan Kantor yang Menumpuk

Mengerjakan lebih dari satu pekerjaan di waktu yang bersamaan hanya akan membuatmu stres. Cobalah untuk menyelesaikan pekerjaan satu demi satu. Cara ini akan membantumu untuk bisa fokus dengan lebih baik. Dengan begini hasil yang didapatkan akan sesuai dengan keinginan.

Selain itu, agar kamu bisa benar-benar fokus, ada baiknya kamu menghindari segala hal yang bisa mengalihkan perhatian dari pekerjaanmu. Semisal, notifikasi handphone atau email, browsing internet terlalu lama, ajakan ngobrol dari rekan kerja, dan lain-lain.

Luangkan Waktu untuk Istirahat Sejenak

Bekerja secara terus menerus dalam jangka waktu yang panjang bisa membuatmu stres. Untuk itu, cobalah menyisihkan waktu untuk istirahat. Di waktu istirahat kamu bisa mengisinya dengan tidur, menyegarkan mata dengan berjalan kaki di sekitar kantor, atau melakukan kegiatan lain untuk menyegarkan pikiran. Sehingga kamu bisa lebih segar saat kembali bekerja.

Dengan menerapkan beberapa tips di atas, kamu bukan hanya bisa menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk dengan baik. Lebih dari itu, kamu juga terbebas dari stres dan burnout.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here