Tips Menyenangi Pekerjaan Meski Bukan Pekerjaan Idaman

Tidak semua karyawan bisa bekerja di bidang pekerjaan yang diinginkannya. Sebagian karyawan terpaksa harus mengerjakan pekerjaan yang bukan pekerjaan idamannya. Nah, apa sih yang harus dilakukan agar tetap nyaman bekerja meski pekerjaan yang dilakukan bukan pekerjaan idaman?

Selain masalah kenyamanan, banyak sekali karyawan yang ingin menyenangkan atasannya meski pekerjaan yang dilakukannya bukanlah pekerjaan idamannya. Alasannya, agar bisa mendapatkan kenaikan gaji. Alasan lainnya, agar cepat mendapatkan promosi.

Padahal, jika bekerja hanya untuk menyenangkan atasan, kualitas pekerjaan yang didapatkan tidak akan sesuai dengan harapan. Dalam jangka panjang, kenaikan gaji dan promosi yang diinginkan akhirnya tidak pernah didapatkan.

Nah, alih-alih bekerja untuk menyenangkan atasan, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menyenangi pekerjaan meskipun pekerjaan itu bukan pekerjaan idaman.

Mengontrol Tujuan

Kamu mungkin tidak menyenangi pekerjaanmu, tapi kamu tetap bisa menetapkan target atau tujuanmu. Lakukan apapun untuk mencapai target atau tujuan tersebut. Termasuk mempelajari kemampuan baru jika memang ada yang belum kamu ketahui tentang pekerjaan yang dilakukan.

Yang terpenting, saat menetapkan target atau tujuan, cobalah untuk melakukannya secara bertahap. Hindari menetapkan target yang terlalu tinggi sehingga kamu sulit untuk mencapainya. Dengan begini, seandainya gagal, kamu akan mudah menerima dan memperbaiki kegagalan tersebut.

Meski Bukan Pekerjaan Idaman, Kamu Tetap Bisa Berbagi dengan Atasan

Fungsi atasan lebih dari sekedar mengawasi bawahannya lho. Lebih dari itu, atasan bisa memberikan bimbingan yang diperlukan bawahannya. Oleh karenanya, sebagai bawahan, cobalah untuk selalu berkomunikasi dan berkoordinasi dengan atasan. Mintalah saran-sarannya agar kamu bisa mendapatkan hasil pekerjaan yang semakin baik setiap harinya. Jika menemui masalah dan kamu sulit mengatasinya, tidak ada salahnya untuk meminta bantuan atasan.

Di sisi lain, meski mengerjakan pekerjaan yang bukan idaman, kamu tetap bisa memberikan saran lho. Sampaikan ide-idemu pada atasan. Siapa tahu idemu bisa bermanfaat bagi perusahaan. Disamping itu, sampaikan selalu progres pekerjaan pada atasan dalam kurun waktu tertentu.

Baca Juga: Manajer, Kamu Yakin Bawahanmu Loyal pada Atasan?

Jangan Mengeluhkan Pekerjaan

Karyawan yang tidak mencintai pekerjaannya umumnya sering mengeluh tentang pekerjaannya. Keluhan ini sering diungkapkan pada rekan kerja, teman ataupun keluarga. Padahal, mengeluh tidak bisa membuat seseorang mencintai pekerjaannya. Yang sebaiknya dilakukan, cobalah untuk berbagi hal-hal yang membuat hati menjadi bahagia atau gembira.

Sebaliknya, mintalah rekan kerja untuk menceritakan hal-hal yang membuatnya bahagia. Sediakanlah waktu khusus untuk saling berbagi dan lupakan sejenak persoalan pekerjaan untuk sementara waktu.

Jangan Berhenti Melakukan Kegiatan yang Disenangi

Mungkin kamu merasa tidak nyaman mengerjakan pekerjaan yang tidak kamu cintai. Tapi, ingatlah, ada banyak waktu untuk melakukan aktivitas yang kamu gemari kan? Kamu bisa melakukannya di luar jam kantor.

Saat merasa jenuh atau stres dengan pekerjaan, cobalah untuk tidak memikirkannya dan melakukan kegiatan yang kamu cintai. Dengan begitu, selain menghilangkan stres, kamu juga bisa kembali bekerja dengan pikiran yang segar dan mental yang lebih baik.

Membuat Area Kerja Jadi Nyaman

Pekerjaan yang kamu lakukan mungkin bukan pekerjaan idaman, tapi kamu setidaknya bisa membuat suasana kerjamu sedikit lebih nyaman. Salah satu caranya, dengan mengatur area kerja sesuai dengan seleramu. Jagalah kebersihannya sehingga kamu bisa bekerja dengan tenang. Persiapkan perlengkapan yang diperlukan sebelum memulai pekerjaan. Agar, kamu tidak mengalami kesulitan saat menyelesaikan pekerjaan.

Yang terpenting, cobalah untuk selalu bersyukur meski kamu mendapatkan pekerjaan yang bukan pekerjaan idaman. Siapa tahu, dengan mengerjakan pekerjaan yang sekarang, kemampuan dan pengalamanmu akan bertambah sehingga tujuan kariermu akan lebih cepat tercapai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here