Tips Menyusun Resolusi Karier dengan Realistis biar Bisa Terwujud

Menyusun resolusi karier kerap dilakukan di akhir tahun sebagai bekal untuk mengawali awal tahun. Banyak sekali impian atau tujuan dibuat berkenaan dengan karier. Bisa jadi kamu pun sudah jauh-jauh hari menyiapkan resolusi ini.

Namun, perlu kamu ingat juga bahwa menyusun resolusi bukan sekadar menuliskan impian semata. Kamu harus merencanakan jalan-jalan menuju tujuan yang dibuat. Berikut tips membuat resolusi karier biar dapat kamu wujudkan di tahun ini.

Resolusi Karier Harus Punya Alasan Kuat

Apa yang mendorongmu menyusun resolusi karier tahun ini? Tanpa ada alasan atau pun motivasi yang kuat, resolusi biasanya hanya berakhir tanpa hasil yang pasti. Kebanyakan orang terlalu bersemangat menetapkan tujuan berkarier dan melupakan cara mewujudkannya.

Buatlah asalan cukup kuat kenapa kamu harus mencapai resolusi. Misalnya, kamu ingin memperoleh pendapatan lebih baik atau menjalani karier baru. Dengan begitu, resolusi menjadi salah satu pemicu positif untuk menjalani karier.

Buat Target Pencapaiannya

Kunci penting dalam menyusun resolusi karier adalah membuat target yang jelas. Buatlah resolusi serinci mungkin, jangan yang terlalu umum. Contohnya, kamu ingin memiliki pendapatan lebih dari sepuluh juta per bulan.

Uraikan gaji sepuluh juta tersebut dengan lebih dalam. Sanggupkah kamu mencapai target tersebut dengan pekerjaan sekarang atau butuhkah side hustle untuk mendukungnya? Dengan target yang jelas, maka kamu tahu jalan apa yang harus disiapkan.

Baca Juga: Kemampuan Kerja Karyawan di Masa Depan Ini Harus Dimiliki Anak Gen Z

Susun Jalan-Jalan Kecil Menuju Resolusi

Menyusun resolusi karier memang harus realistis. Boleh saja bermimpi setinggi mungkin, tapi jangan lupa jalan-jalan menuju ke sana. Inilah pentingnya kamu mengukur kemampuan diri dalam rangka mencapai tujuan-tujuanmu.

Jadi, satu resolusi bisa saja memiliki rencana banyak. Pastikan buat rencana jangka pendek, menengah, hingga panjang secara realistis. Hindari berekspetasi berlebihan terhadap pencapaian resolusi jika kamu tidak pernah menyusun rencana jelas mewujudkannya.

Mengevaluasi Progres dan Proses

Terakhir, rutinlah melakukan evaluasi terhadap resolusi kariermu. Cek progres apa saja yang sudah kamu lakukan tiap bulannya. Cermati cara apa saja yang sekiranya butuh kamu perbaiki atau pun improvisasi.

Andai kamu menemukan kegagalan dalam proses menuju tujuanmu, jangan buru-buru menyalahkan diri. Hargai dan nikmati semua proses yang sudah kamu lakukan. Mengevaluasi progres dan proses membuatmu lebih fokus mencapai berbagai resolusi kariermu.

Nah, coba cek kembali apa yang sudah kamu catat kemarin dalam menyusun resolusi karier. Semoga impianmu dalam berkarier dapat terwujud di tahun ini ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here