Tips Menghemat Uang dari Orang yang Hobi Menabung untuk Meraih Tujuan Finansial

Tips Menghemat Uang Dari Orang yang Hobi Menabung Untuk Dapat Meraih Tujuan Finansial
Sumber: Makingyourmoneymatter

Bila selama ini Anda merasa kesulitan untuk menabung karena ada begitu banyak tanggungan tagihan yang harus dibayarkan tiap bulan, itu cukup masuk akal. Namun, bila Anda tidak mulai mengatur keuangan dengan benar dan membuat anggaran dengan teliti, masa depan dan tujuan finansial Anda yang akan menjadi taruhan. Untuk memulainya, ada beberapa tips yang dapat Anda ikuti berikut ini.

Baca Juga : Mengenal Gig Economy yang Bisa Menimbulkan Bahaya Finansial bagi Milenial

Raih Tujuan Finansial dengan Menabung secara Efektif

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan dari orang yang hobi menabung untuk dapat mencapai tujuan finansial.

  1. Lacak tiap pengeluaran. Untuk bisa mewujudkan tujuan finansial, Anda perlu melacak tiap pengeluaran yang Anda lakukan, biarpun itu jumlahnya hanya sedikit. Kenapa? Karena hal kecil dapat menambah biaya besar dengan cepat. Memang cara ini kurang begitu familiar. Namun, bila Anda ingin belajar menjadi seorang yang aktif menabung, tulislah semua pengeluaran yang Anda lakukan, untuk tiap rupiah yang Anda belanjakan.
  2. Gunakan kemampuan untuk menawar. Hidup hemat menjadi salah satu cara untuk bisa menghemat pengeluaran tiap bulan. Anda tidak hanya bisa menggunakan kupon, melakukan riset sebelum membeli atau melakukan penawaran. Ketiga hal tersebut menjadi salah satu senjata untuk mendapatkan harga terbaik dengan kualitas yang baik pula. Melakukan riset dapat dilakukan untuk membandingkan harga serta membaca review secara lebih detail untuk membuat keputusan terbaik saat membeli barang.
  3. Anda bersedia untuk mengatur ulang gaya hidup. Menjalani gaya hidup yang sebenarnya tidak dapat Anda biayai hanya akan menjatuhkan Anda pada masalah hutang. Bila akhir-akhir ini Anda memiliki masalah finansial, Anda harus berani membuat keputusan untuk mengubah gaya hidup yang sesuai dengan berapa banyak uang yang bisa Anda bawa pulang tiap bulan.
  4. Nikmati fasilitas gratis. Apakah Anda seorang pegawai yang mendapatkan diskon asuransi untuk melakukan pemeriksaan kesehatan tiap tahun? Apakah perusahaan tempat Anda bekerja menawarkan tabungan dana pensiun atau saham? Bila Anda ingin meraih tujuan finansial dengan meminimalkan pengeluaran, semua fasilitas gratis yang bisa Anda dapatkan bisa menjadi salah satu cara untuk mewujudkannya.
  5. Anda seharusnya memiliki dana yang tersimpan untuk bisa bertahan hidup selama 3 – 6 bulan. Yang dimaksud untuk poin ini adalah dana darurat. Dana ini akan bisa digunakan saat Anda memerlukan uang segar untuk membiayai kondisi darurat, seperti terkena PHK, kecelakaan kendaraan, atau untuk pembiayaan darurat lain.
  6. Bersikaplah jujur pada diri sendiri. Tidak seorang pun dari kita akan kembali muda karena yang sebenarnya terjadi adalah Anda semakin menua dengan berbagai kebutuhan hidup yang tidak akan kunjung berhenti. Oleh karena itu, bila Anda ingin meraih tujuan finansial, Anda perlu bersikap jujur pada diri sendiri, baik tentang berbagai risiko, seperti usia lanjut, keamanan dalam kerja, masalah kesehatan kronis, masalah keluarga dan lainnya. Jadi, rencanakanlah tabungan untuk tujuan tersebut.
  7. Hindari sikap bahwa Anda memiliki ‘hak’. Ada banyak orang yang mengatakan bahwa setelah bekerja keras, maka ia berhak untuk mendapatkan ini dan itu karena ia memang yang mencari uang. Namun, bila Anda tidak bisa membeli mobil mahal atau melakukan perjalanan ke luar negeri, Anda seharusnya tidak melakukannya. Tidak peduli bagaimana Anda telah bekerja keras, namun jika Anda tidak punya cukup uang, seharusnya Anda menghilangkan ungkapan bahwa Anda berhak mendapatkan ini dan itu.
  8. Mulailah dari hal yang kecil. Bila Anda memiliki tujuan finansial yang dirasa sulit untuk diwujudkan, Anda tidak perlu berkecil hati karena Anda dapat memulainya dengan dari hal yang kecil. Menabung dengan jumlah kecil namun rutin pada akhirnya akan menggunung. Setelah Anda terbiasa bahwa cara ini menyenangkan, Anda pun bisa menambah jumlah uang yang akan ditabung tiap bulan.

Beri komentar Anda tentang artikel ini