Harga Sepeda Meroket, Berminat Merakit Sepeda Sendiri?

Saat akhir pekan tiba, terutama di pagi hari, kamu tentu sering melihat para penyuka sepeda menelusuri jalan-jalan di ibukota. Hal itu juga bisa dijumpai di banyak kota-kota lain di Indonesia. Ya, tren menaiki sepeda semakin meningkat saja belakangan ini. Akibatnya, harga sepeda meroket di pusat-pusat penjualannya.

Tren menaiki sepeda mulai terlihat peningkatannya setelah terjadi pandemi COVID-19. Wabah COVID-19 membuat masyarakat mencari alternatif olahraga lain yang aman agar terhindar dari penularan virus.

Dengan bersepeda, masyarakat bisa beraktivitas di luar ruangan dengan jarak yang terjaga, sambil mendapatkan manfaat olahraga dari kayuhan sepedanya. Sebagian masyarakat lain bersepeda untuk bersantai atau mencari suasana lain akibat terlalu lama berdiam diri di rumah.

Jenis sepeda yang digunakan beragam. Seperti sepeda balap, sepeda gunung (MTB), BMX, sepeda klasik dan sepeda lipat. Hanya saja, sepeda lipat menjadi jenis sepeda yang saat ini paling digemari.

Duh, Harga Sepeda Naik Hingga 50 Persen

Semakin banyaknya masyarakat yang ingin bersepeda membuat harga sepeda ikut naik. Kalau kamu ingin membeli sepeda baru saat ini, harganya bisa mencapai 50 persen dari harga normalnya. Sedangkan sepeda lipat kenaikannya bisa mencapai Rp3 juta per unit.

Bukan cuma harganya yang naik, persediaan alias stok sepeda di toko juga berkurang lho. Untuk beberapa jenis sepeda favorit, kamu akan susah mendapatkannya di toko. Kelangkaan ini juga terjadi pada spare part sepeda. Jadi jangan heran kalau kamu susah mencari spare part semacam shifter, crank arm atau pedal.

Baca Juga: Ingin Olahraga Setelah Pulang Kantor? Perhatikan 5 Hal Penting Ini!

Merakit Sepeda Sendiri

Nah, kalau merasa harga sepeda idaman masih di atas bujet yang dimiliki, kamu bisa mencari jalan lain agar bisa tetap bersepeda. Salah satunya dengan merakit sepeda. Selain kamu bisa mendapatkan sepeda dengan harga yang lebih murah, merakit sepeda mendatangkan keasyikan tersendiri lho. Karena, kamu bisa berburu spare part di berbagai tempat yang berbeda.

Selain itu spare part yang digunakan bisa kamu pilih sesuai dengan selera, tren atau bujet yang dimiliki. Kamu juga bisa mengkombinasikan harga spare part agar bujet yang dimiliki cukup untuk mendapatkan sepeda yang siap digowes.

Berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan kalau kamu berminat untuk merakit sepeda sendiri:

  • Pastikan jenis sepeda yang akan kamu gemari. Semisal, sepeda balap, sepeda gunung atau sepeda lipat.
  • Tetapkan konsep yang ingin kamu gunakan dalam merakit sepeda. Semisal, touring, racing, klasik, futuristik, dan lain-lain.
  • Mencari bengkel sepeda yang bisa mengerjakan perakitan.
  • Mencari spare part yang sesuai dengan konsep.

Untuk mendapatkan sepeda hasil rakitan memang butuh waktu yang cukup lama. Hal ini bergantung pada bujet, konsep dan ketersediaan spare part. Tapi, setelah sepeda hasil rakitan siap digowes, kamu akan mendapatkan kepuasaan tersendiri. Karena, sepeda yang kamu miliki merupakan hasil perjuangan dan hasil karyamu sendiri.

Nah, bagaimana, kamu tertarik untuk merakit sepeda sendiri?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here