Tips yang Membuatmu Yakin Merantau Saat Pandemi demi Pekerjaan

Pandemi COVID-19 yang melanda dunia memang menyebabkan keresahan yang tak kunjung usai, termasuk bagi para pencari kerja. Di satu sisi, kamu butuh pekerjaan agar kondisi finansial pribadi tetap stabil. Di sisi lain, kamu harus menjaga diri sendiri agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit menular. Merantau saat pandemi demi pekerjaan membuatmu galau dan sulit menentukan keputusan.

Sebenarnya tak masalah kok kalau kamu mau merantau saat pandemi asalkan kamu mengikuti beberapa tips penting ini:

Memilih Tempat Kerja yang Tepat

Kamu tak perlu ragu merantau saat pandemi bila memilih tempat kerja yang tepat dengan beberapa kriteria berikut ini:

  • Bergerak di bidang esensial dan kritikal (keuangan dan perbankan, pasar modal, retail, perhotelan non karantina, teknologi informasi, kesehatan, keamanan, dan objek vital lainnya) yang risiko kerugiannya lebih minim di masa pandemi.
  • Memperhatikan kesejahteraan dan kesehatan karyawannya, misalnya menyediakan fasilitas tes swab antigen gratis selama pandemi.
  • Menghindari perusahaan yang lokasi kerjanya tergolong rawan COVID-19 (zona merah dan lingkungannya terlalu padat penduduk).

Baca Juga: Alasan Apa Saja yang Membuat Karyawan Pindah Tempat Kost?

Mendapatkan Tempat Tinggal di Daerah Rantau

Jika ingin merantau saat pandemi, pastikan bahwa kamu sudah mendapatkan tempat tinggal di daerah rantau. Pilihlah tempat tinggal yang lokasinya strategis dan dekat dengan tempat kerja.

Usahakan untuk mencari informasi sebelum merantau agar kamu tidak memperoleh tempat tinggal di kawasan rawan COVID-19. Kondisi lingkungan tempat tinggal yang bersih juga penting untuk meminimalkan penyebaran penyakit menular.

Memperoleh Vaksin Sebelum Merantau Saat Pandemi

Merantau saat pandemi membuatmu harus ekstra telaten dalam menjaga kesehatan. Jadi, sebaiknya kamu sudah memperoleh vaksin COVID-19 secara lengkap sebelum merantau.

Vaksin memang tidak dapat mencegah penularan COVID-19, tetapi dapat meringankan gejalanya ketika kamu tertular penyakit tersebut. Dengan demikian, kondisi kesehatanmu akan senantiasa terjaga dan siap bekerja dengan tenang di daerah rantau.

Menjaga Kesehatan Secara Cermat Saat Merantau

Jika kamu sudah divaksin dan memutuskan untuk merantau saat pandemi, kamu tetap harus disiplin menaati protokol kesehatan dengan melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Meminimalkan aktivitas di luar rumah selain pergi bekerja atau berbelanja kebutuhan utama.
  • Menyediakan perlengkapan kebersihan yang memadai seperti masker medis, masker kain, sabun cuci tangan yang mengandung antiseptik, handsanitizer, tisu basah yang mengandung alkohol 70%, dan disinfektan.
  • Mandi dan mengganti pakaian usai beraktivitas di luar ruangan.
  • Menjauhi kerumunan selama beraktivitas di luar rumah.

Persiapan menyeluruh sebelum merantau saat pandemi akan membuatmu sehat dan selalu fokus kerja. Kondisi finansial dan kesehatan pun akan senantiasa stabil meskipun harus jauh dari kampung halaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here