Ingin Merekrut Karyawan yang Memahami Teknologi? Lakukan Ini

Di berbagai industri, teknologi semakin banyak dilibatkan dalam menjalankan kegiatan operasional perusahaan. Teknologi juga digunakan untuk menyelesaikan berbagai masalah yang ada. Oleh karenanya, merekrut dan mendapatkan kandidat karyawan yang memahami teknologi merupakan salah satu tugas penting dari Human Resource Department (HRD).

Merekrut kandidat karyawan yang memahami penggunaan teknologi bisa membantu perusahaan melakukan efisiensi waktu dan biaya. Meskipun kandidat itu tidak melamar untuk posisi pekerjaan IT. Selain itu, perusahaan juga tidak perlu menyisihkan waktu untuk mengadakan program training.

Untuk mendapatkan kandidat karyawan yang paham akan teknologi ada beberapa pertanyaan yang bisa kamu tanyakan saat wawancara kerja dilakukan.

Pertanyaan untuk Mendapatkan Karyawan yang Memahami Teknologi

Agar bisa mendapatkan kandidat yang memahami teknologi, kamu bisa mengadakan tes untuk menguji kemampuan teknis kandidat sebelum wawancara kerja dilakukan. Tapi, ada baiknya kamu juga menanyakan beberapa pertanyaan untuk memastikan apakah kandidat yang diwawancarai benar-benar kandidat yang bisa menjalankan perannya dengan baik. Berikut ini beberapa pertanyaan tersebut.

Perangkat hardware atau software apa saja yang pernah Anda gunakan untuk bekerja?

Ada kalanya sebuah job-desc bisa diselesaikan dengan menggunakan lebih dari satu jenis hardware/software. Pertanyaan di atas bisa mengungkap apakah kandidat mampu menggunakan hardware/software yang selama ini digunakan oleh perusahaan.

Kendala teknis apa yang pernah Anda temui selama menggunakan software tersebut dan jelaskan bagaimana Anda mengatasinya?

Tidak semua kandidat karyawan memahami software yang digunakan secara mendetail. Namun dengan menanyakan pertanyaan di atas, kamu bisa menilai sejauh mana pemahaman kandidat terhadap software tersebut.

Lebih dari itu, perusahaan bisa mengetahui apakah kandidat bisa mendapatkan sumber masalah sebelum meminta bantuan teknisi/staf lain untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Bagaimana cara Anda meng-update setiap perubahan yang terjadi?

Seperti yang diketahui, teknologi selalu berkembang setiap saat. Perangkat hardware terbaru selalu dirilis. Update software juga sering dilakukan oleh pengembang software. Pertanyaan bisa menjelaskan seperti apa kepekaan kandidat terhadap perubahan tersebut dan bagaimana ia meresponnya.

Menurut Anda, apa definisi dari ‘karyawan yang memahami teknologi’?

Jawaban kandidat untuk pertanyaan di atas bisa mengungkap kemampuan khusus yang dimiliki, diminati dan dianggap penting oleh kandidat yang bersangkutan. Selain itu, bisa diketahui pula kemampuan saja yang bisa ditingkatkan.

Semisal, kandidat yang bisa menggunakan aplikasi Adobe Photoshop cenderung memperdalam kemampuannya dengan memelajari aplikasi sejenis. Seperti, Adobe Illustrator atau Adobe InDesign.

Baca Juga: 5 Topik Pertanyaan untuk Kandidat Karyawan Entry Level

Tips Menarik Minat Kandidat yang Mengaplikasikan Teknologi

Menanyakan pertanyaan yang tepat saat wawancara kerja tidaklah cukup untuk mendapatkan kandidat karyawan yang paham akan teknologi. Perusahaan juga harus bisa menarik minat kandidat karyawan dengan cara lainnya. Salah satunya, yaitu memastikan perusahaan sudah mengaplikasikan teknologi dalam kegiatan operasionalnya sehari-hari.

Tim atau departemen yang ada di dalam perusahaan juga harus bisa bersinergi dan berkolaborasi dalam penggunaan teknologi. Semisal, jika departemen HRD membutuhkan sistem teknologi keuangan yang tepat, departemen keuangan bisa memberikan bantuannya.

Selain itu, pada lowongan pekerjaan yang dirilis perusahaan, perusahaan juga bisa mencantumkan teknologi yang digunakan di posisi yang ditawarkan. Semisal, posisi yang ditawarkan adalah staff marketing. Pada lowongan pekerjaan, perusahaan bisa menjelaskan bahwasanya peran tersebut membutuhkan karyawan yang bisa menggunakan aplikasi customer relationship management (CRM).

Dengan melakukan beberapa cara di atas perusahaan bisa mendapatkan kandidat karyawan yang tepat untuk posisi yang ditawarkan. Lebih dari itu, kandidat yang bersangkutan mengerti teknologi yang tepat untuk digunakan, serta mengetahui cara memaksimalkan teknologi tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here