Lakukan Kiat-Kiat Ini Jika Ingin Merekrut Pekerja Kreatif yang Berkualitas

10
merekrut pekerja kreatif
Sumber : Shutterstock

Beberapa tahun belakangan ini, industri kreatif di tanah air menunjukkan perkembangan pesat. Anda yang memiliki latar belakang pendidikan di bidang kreatif tidak akan kesulitan mendapatkan pekerjaan potensial. Perusahaan besar maupun startup juga leluasa merekrut pekerja kreatif yang jumlahnya melimpah.

Kalau perusahaan Anda ingin merekrut pekerja kreatif berkualitas, tentu saja prosesnya tak bisa dilakukan secara sembarangan.

Beberapa kiat penting ini wajib dilakukan demi mendapatkan pekerja kreatif sesuai kebutuhan perusahaan:

Luangkan Waktu Lebih Lama untuk Mengamati CV

Sumber : Digital Treasure

Bukan rahasia lagi jika staf Human Resource Development (HRD) hanya meluangkan waktu beberapa detik untuk setiap Curriculum Vitae (CV) yang masuk. Namun, hal tersebut tidak dapat diterapkan jika akan merekrut pekerja kreatif. CV adalah salah satu media untuk berkreasi bagi pekerja kreatif. Karakter para pekerja kreatif justru bisa dilihat sejak awal melalui CV. Itulah sebabnya staf HRD wajib lebih jeli mengamati CV satu per satu. Biasanya CV para pekerja kreatif tak akan terlihat membosankan seperti CV untuk bidang pekerjaan lainnya.

Lupakan Psikotes Konvensional

Sumber : Design Watch

Psikotes memang penting untuk mengetahui karakter calon pekerja. Sayangnya, penggunaan sistem psikotes konvensional justru tak cocok ketika merekrut pekerja kreatif. Alangkah lebih baik jika Anda memberikan tes yang langsung berhubungan dengan bidang pekerjaan. Misalnya, tes membuat artikel atau desain produk. Tes bergaya modern akan lebih relevan bagi calon pekerja. Sehingga calon pekerja tersebut bisa menunjukkan potensi terbaiknya dalam tes tersebut.

Baca Juga : Fenomena Brain Drain: Penyebab Kurangnya Pekerja Potensial di Tanah Air

Tes Berupa Pekerjaan Rumah Kini Sedang Tren

Sumber : INC

Mungkin belum banyak orang yang tahu bahwa tes berupa pekerjaan rumah sedang tren di bidang industri kreatif. Melalui tes ini, Anda bisa memperkirakan tingkat kedisiplinan dan kemampuan kreasi calon pekerja. Jangan lupa memberikan deadline pengumpulan hasil tes. Calon pekerja yang mengumpulkan hasil tes berkualitas jauh sebelum deadline menunjukkan etos kerja yang disiplin dan dapat diandalkan.

Wawancara Kerja yang Rileks dan Menyenangkan

Sumber : ISPO

Semua orang pasti setuju bahwa kondisi rileks membuat kreativitas lebih berkembang. Inilah yang membuat proses wawancara kerja harus berlangsung secara menyenangkan. Staf HRD yang bertugas merekrut pekerja kreatif harus mampu menciptakan suasana yang menyenangkan. Sehingga ide-ide yang dimiliki pekerja kreatif lebih mudah digali dan dibahas. Suasana wawancara yang menyenangkan tak akan terasa lama dan membebani calon pekerja kreatif yang potensial.

Anda pasti setuju bahwa kehadiran para pekerja kreatif sangat penting bagi perkembangan perusahaan. Jadi, mulai sekarang mari mencari rekan kerja bidang kreatif yang mampu menghasilkan karya-karya berkualitas. Lingkungan kerja akan terasa lebih menyenangkan jika senantiasa diwarnai dengan kreativitas.

Beri komentar Anda tentang artikel ini