Perhatikan Ini Jika Kamu Ingin Merekrut Pekerja Kreatif

Proses perekrutan pekerja kreatif sedikit berbeda dengan pekerja atau karyawan lainnya. Pasalnya, skill dan kemampuan yang dimiliki oleh pekerja kreatif umumnya tidak dimiliki oleh karyawan lain.

Siapapun bisa mengirimkan CV atau resume yang menarik atau memikat hati rekruter. Tapi, CV atau resume tersebut belum tentu dibuat oleh pekerja yang benar-benar kreatif lho. Pekerja kreatif berbeda dengan pekerja yang unik atau pekerja yang berani. Oleh karenanya, dibutuhkan kejelian dari rekruter untuk bisa membedakannya.

Nah, agar bisa benar-benar merekrut pekerja kreatif yang dibutuhkan oleh perusahaan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

Merekerut Pekerja Kreatif dengan Iklan yang Efektif

Tidak melulu gaji, pekerja kreatif umumnya tertarik pada kesempatan yang diberikan. Oleh karenanya, ada baiknya iklan yang dibuat menginformasikan kesempatan berkarier atau kesempatan mengembangkan skill dan kemampuan.

Perusahaan juga harus menginformasikan mengenai budaya dan cara kerja. Selain itu, cantumkan pula hal menarik yang bisa membuat kandidat terpikat dan mengirimkan lamarannya. Sampaikan bahwa perusahaan mendukung adanya inovasi lewat ide-ide baru yang segar.

Ada baiknya, beberapa hal tersebut di atas disampaikan dengan cara yang kreatif pula. Sehingga tidak terkesan kaku dan membosankan.

Gunakan Media Sosial

Agar upaya merekrut pekerja kreatif bisa efektif, ada baiknya perusahaan mengunjungi akun media sosial milik kandidat. Dengan begini perusahaan bisa melihat seberapa tinggi tingkat kreativitas kandidat karyawannya. Selain itu, ada banyak lagi informasi lain yang bisa didapatkan.

Semisal, bagaimana kandidat berinteraksi dengan follower/friends yang dimiliki, seperti apa kepribadian kandidat, dan sejauh mana kandidat bersedia mencapai tujuan tim atau perusahaan.

Menggunakan Referral untuk Merekrut Pekerja Kreatif

Perusahaan juga bisa menjalankan program referral untuk merekrut pekerja kreatif. Caranya, memanfaatkan keberadaan karyawan yang sudah bekerja untuk melakukan pencarian kandidat potensial.

Program referral mendatangkan beberapa keuntungan. Salah satunya, proses seleksi sudah dimulai oleh karyawan yang sudah bekerja. Dengan kata lain, karyawan tentu tidak akan merekomendasikan kandidat yang tidak memenuhi kriteria.

Program referral juga memastikan kandidat mudah beradaptasi dengan lingkungan kerjanya. Pasalnya, ia sudah mengenal lingkungan kerjanya lewat karyawan yang merekomendasikan perusahaan. Dengan begini, tingkat keterlibatan pada pekerjaan akan meningkat.

Baca Juga: Employee Referral: Cara Praktis Merekrut Karyawan Berkualitas

Wawancara Kerja yang Kreatif

Untuk merekrut pekerja kreatif, tidak ada salahnya menggelar wawancara kerja dengan konsep yang kreatif pula. Kalau biasanya wawancara kerja di kantor, cobalah untuk melakukannya di tempat atau lokasi lain. Semisal di restoran atau cafe.

Sebagai rekruter, kamu juga bisa mengajukan beberapa pertanyaan yang kreatif untuk mendapatkan jawaban yang kreatif dari kandidat. Semisal, “Jika kamu bisa menjadi karakter di sebuah film kartun, tokoh siapakah yang dipilih?”.

Selain itu, kamu juga bisa mengajukan test untuk menguji tingkat kreativitas yang dimiliki oleh kandidat. Semisal, jika ia seorang desainer grafis, mintalah untuk mendesain sepatu atau kemasan produk.

Memastikan Kandidat Memiliki Passion

Kamu juga harus memastikan kandidat karyawan memiliki passion. Caranya, memerhatikan antusiasme kandidat saat menjawab pertanyaan dan menyelesaikan tes. Selain itu, pastikan apakah kandidat memiliki pengalaman hidup atau pengalaman kerja yang menunjukkan mereka memiliki kreativitas, passion dan komitmen.

Selain passion pada pekerjaan, kandidat juga harus memiliki passion terhadap perusahaan. Ada baiknya kandidat sudah mengetahui sebelumnya mengenai perusahaan, lingkungan kerja serta budaya kerja yang dimiliki.

Selain beberapa hal di atas, pekerja kreatif yang diterima di perusahaan juga sebaiknya memiliki empati, kemampuan untuk beradaptasi dengan tim, serta kemampuan menyelesaikan masalah-masalah yang ada.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here