Tips Jitu Mewujudkan Resolusi Tahun Baru Menjadi Kenyataan tanpa Gagal!

resolusi tahun baru

Tak terasa, tahun 2018 sudah di depan mata dan hanya tinggal menghitung hari saja. Dan biasanya, tradisi tahun baru pun selalu dibuka dengan “New Year, New You“, di mana orang-orang sibuk membuat list resolusi apa saja yang harus mereka capai di tahun yang baru ini. Tak jarang juga, sebagian orang membuat daftar yang sama untuk resolusi tahun barunya karena di tahun sebelumnya mereka gagal dalam mewujudkannya. Sehingga, mereka termotivasi lebih untuk membuat resolusi yang sama alih-alih akan sukses mencapainya di tahun yang baru. Namun, bagaimana jika Anda terus-menerus tidak mencapai gol yang sudah direncanakan sampai tahun 2019, 2020, dan seterusnya? Untuk itu, berikut adalah tips mewujudkan resolusi tahun baru menjadi kenyataan yang bisa Anda ikuti.

Cara Mewujudkan Resolusi Tahun Baru Anti Gagal

Beritahukan Orang Terdekat tentang Resolusi Tahun Baru Anda

Mungkin sebagian orang percaya bahwa dengan memberitahukan resolusinya kepada orang lain akan membuat hal tersebut tidak pernah terwujud. Namun ternyata, pemikiran ini salah adanya. Memberitahu resolusi tahun baru Anda kepada orang terdekat, entah itu teman, keluarga ataupun pacar, secara tidak sadar membuat Anda turut berkomitmen kepada mereka juga. Seperti misalnya, Anda mengatakan bahwa Anda akan lebih giat lagi bekerja untuk mencapai target dalam waktu lebih cepat dari tahun sebelumnya, orang pasti akan berekspektasi kalau Anda benar melakukan itu. Dengan cara ini, Anda tidak hanya berkomitmen pada diri sendiri, melainkan Anda juga telah berkomitmen pada orang lain. Untuk itu, Anda pastinya akan benar-benar “stick to your goals“.

Tak hanya itu, Anda pun tentunya akan mendapatkan dukungan dari orang-orang sekitar yang telah Anda beritahukan tentang gol tersebut. Di mana hal ini membuat Anda akan terus termotivasi untuk mencapainya, bukan?

Realisasikan Resolusi Tahun Baru Anda secara Bertahap

Bagi generasi milennial, revolusi tahun baru salah satunya mungkin adalah menikah. Dan pastinya, hal ini tidak bisa hanya direncanakan dalam waktu satu bulan, bukan? Maka dari itu, capailah resolusi Anda ini secara bertahap dengan menentukan terlebih dahulu apa yang menjadi prioritas untuk hal ini. Seperti misalnya, bila di tahun sebelumnya Anda telah menabung cukup, di bulan Januari Anda dan pasangan bisa mulai mencari tempat pernikahan sesuai budget. Saat sudah menemukan tempat yang cocok, Anda dan pasangan bisa mem-booking tempat tersebut di bulan Februari untuk tanggal pernikahan yang sudah disesuaikan. Lalu kemudian, di bulan Maretnya Anda bisa mulai menyiapkan hal-hal lain seperti cincin ataupun baju pernikahan, dekorasi pelaminan, makeup pengantin dan lain sebagainya. Setelah semua terselesaikan secara bertahap, hari yang sudah Anda tunggu-tunggu pun datang dan percayalah ini pasti akan terlewati dengan baik.

Baca Juga : 4 Destinasi Pelarian untuk Anda yang Enggan akan Keramaian Perayaan Tahun Baru

Berhenti Mengucapkan “Saya Ingin” pada Resolusi Anda

Saat merencakan suatu gol atau tujuan, tak dipungkiri bahwa kalimat awal yang kerap kali keluar adalah “Saya ingin”. Seperti misalnya, “Saya ingin di tahun 2018 karier saya meningkat, dan saya mendapatkan promosi jabatan di awal-awal tahun”. Sebaiknya, ubahlah kata “saya ingin” tersebut menjadi kata “saya harus”. Jika Anda selalu berpacu dengan kata “ingin”, Anda hanya akan berakhir dengan impian yang tak terwujudkan karena sama saja Anda cuma berangan-angan. Namun jika Anda mengubahnya dengan “harus”, mau tidak mau kata ini pun menjadi tantangan tersendiri untuk Anda dan Anda tentunya akan lebih termotivasi lagi dalam mewujudkan resolusi tahun baru Anda tersebut. Terlihat simpel, namun dampak yang akan dirasakan tentu berbeda.

Paksa Diri Anda untuk Mewujudkan Semua Resolusi

Tak jarang, resolusi gagal dicapai sampai akhir tahun karena adanya rasa malas di tengah jalan untuk mewujudkannya. Memang benar adanya jika Anda akan mengalami mood yang turun-naik dalam proses meraih gol Anda. Akan ada masa di mana Anda berpikir bahwa Anda pasti tidak akan bisa mewujudkan revolusi tahun baru Anda. Di saat itulah, Anda seharusnya memaksa diri Anda dengan membuang jauh-jauh pikiran tersebut. Dalam proses mencapai tujuan, Anda tidak boleh menerima kalimat “tidak” atas apa yang telah Anda lakukan, bahkan dalam situasi sulit sekali pun. Ingatlah bahwa pikiran negatif tentu akan berujung pada hal yang negatif juga, maka lebih baik paksalah diri Anda dengan pemikiran yang positif hingga nantinya Anda meraih semua gol tersebut. Dengan cara ini, Anda pun tentu akan kaget dengan apa yang bisa Anda capai nantinya.

Beri Penghargaan di Setiap Progres yang Anda Buat

“Baru segitu saja sudah bangga, ingat bahwa jalan Anda masih panjang untuk meraihnya”. Lupakan kalimat tersebut, dan masa bodolah dengan apa yang orang lain katakan kepada Anda. Jika Anda bangga dan senang pada progres yang Anda lakukan, Anda sah-sah saja untuk merayakannya. Seperti misalnya saat Anda berhasil menurunkan berat badan, Anda boleh memberi diri Anda penghargaan dengan membeli pakaian atau celana jeans baru dengan ukuran Anda sekarang yang tentunya lebih kecil dari sebelumnya. Percayalah, dari penghargaan-penghargaan yang Anda buat untuk diri sendiri ini lebih bisa memotivasi Anda untuk melakukan lebih dan lebih lagi.

So, don’t be afraid to reach your goals. Keep in mind that you’re the ‘pilot’ of your life. Semoga berhasil mewujudkan resolusi tahun baru 2018 Anda!

Beri Komentar Anda

komentar